Perencanaan dan Pengorganisasian Sekolah Unggul berbasis Soft Skills

Warsiman Warsiman, Karyanto Karyanto, Endang Sulistiyorini

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the planning and organization of soft skills-based superior school programs at SMAN 1 Sidoarjo. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this research include principals, teachers, education staff, students, and all those involved in the program. The research instruments are interviews, observations, and documentation. The findings data were analyzed and presented in a qualitative descriptive manner. The results showed that the implementation of a superior school based on soft skills at SMAN 1 Sidoarjo required careful planning and good organization. Planning activities start from equalizing a common determination in running the program, adjusting the program to the school's vision and mission, involving all stakeholders, identifying potentials, identifying soft skills values that will be developed, and socializing to all school members. Meanwhile, organizing activities begin with structuring the main tasks and functions, division of work responsibilities, setting priorities for school readiness, supporting funding sources, financial transparency, and providing facilities and infrastructure that can support the program. The conclusion is that planning and organizing superior schools based on soft skills is absolutely necessary to ensure the implementation of the program.

 

Keywords: Planning, organizing, superior school, soft skills.

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pengorganisasian program sekolah unggul berbasis soft skills di SMAN 1 Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan semua yang terlibat dalam program. Instrumen penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dan dipaparkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah unggul berbasis soft skills SMAN 1 Sidoarjo diperlukan perencanaan yang matang dan pengorganisasian yang baik. Kegiatan perencanaan dimulai dari menyamakan tekad bersama dalam menjalankan program, menyesuaikan program dengan visi dan misi sekolah, melibatkan seluruh  stakeholder, identifikasi potensi, identifikasi nilai-nilai soft skills yang akan dikembangkan, dan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah. Sedangkan kegiatan pengorganisasian diawali dari penataan tupoksi (tugas pokok dan fungsi), pembagian tanggung-jawab kerja, penetapan prioritas kesiapan sekolah, dukungan sumber dana, keterbukaan finansial, dan penyediaan sarana dan prasarana yang mampu mendukung program. Kesimpulannya adalah perencanaan dan pengorganisasian sekolah unggul berbasis soft skills mutlak diperlukan untuk menjamin terlaksanannya implementasi program.

 

Kata Kunci: Perencanaan, pengorganisasian, sekolah unggul, soft skills.


Keywords


manajemen, sekolah unggul, soft skills

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. (2019). Perang Dagang Dalam Hukum Perdagangan Internasional. Al Ahkam, 15 (1), 7.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2002). Memakai Budaya Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. (2004). Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmend.

Dolong, H. . J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5 (1), 65–76.

Kemdiknas. (2010). Soft Skills Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Lie, N. L. C. N. K. D. (2017). Pengaruh Soft Skills Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6 (2), 1496–1514.

Manullang, M. (2012). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah Idonusa, 15 (2), 330–338.

Muslimin, M. (2017). Membangun Visi Perusahaan. Jurnal Esensi, 20 (3), 144:152.

Raharja, H. Y. (2019). Relevansi Pancasila Era Industri 4.0 dan Society 5.0 di Pendidikan Tinggi Vokasi. Journal of Digital Education, Communication, And Arts (Deca), 2 (1), 11–20.

Raharjo, S. B. (2016). Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan: Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1 (2), 203–217.

Rusdiana, H. A. dan N. (2018). Panduan kegiatan Kemahasiswaan Berbasis SKPI Untuk Perguruan Tinggi Islam Swasta. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung 2018.

Sisdiknas, UU. (2003).Bandung: Citra Umbara.

Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17 (2), 264–273.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. (2012). Pentingnya Visi dan Misi Dalam Mengelola Suatu Usaha. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19 (15), 17–35.

Tampubolon, P. (2018). Pengorganisasian dan Kepemimpinan: Kajian terhadap Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Upaya untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional, 4 (7), 22–35.

Warsiman. (2022). Pengembangan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Pembelajaran Menyimak. Jurnal Edutama, 9 (1), 19–31.

Yohana, A. dan W. (2021). Penguasaan Soft Skill Mahasiswa dan Strategi Pembinaannya Secara Terintegrasi: Literatur Review. Jurnal Youth Dan Islamic Economic Journal, 2 (1), 13–27.

Zafi, A. A. (2018). Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter). Al Ghazali, 1 (1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats