Bahan Ajar Teks Eksposisi berbantuan 3D Pageflip Professional untuk SMA

Nining Setia Asih, Sobihah Rasyad, Juwanda Juwanda

Abstract


Abstract: This research was conducted to make exposition text teaching materials assisted by 3D PageFlip Professional for SMA. The formulation of the problem in this research is, how are exposition text teaching materials assisted by 3D PageFlip Professional and how it is implemented. This research aims to describe the exposition text teaching materials assisted by 3D PageFlip Professional and describe the results of the implementation. To compile these teaching materials, the author uses the ADDIE method. Furthermore, the teaching materials were validated by three expert lecturers, two Indonesian language teachers and five students. Based on the validation results, obtained a value of 94.86%. All of the percentage results show very valid criteria. This means that the teaching materials of 3D PageFlip Professional-assisted exposition text for high school are appropriate to be used in the learning process.

Keywords: teaching materials, exposition text, and 3D PageFlip Professional.


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk membuat bahan ajar teks eksposisi berbantuan 3D PageFlip Professional untuk SMA. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana bahan ajar teks eksposisi berbantuan 3D PageFlip Professional dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar teks eksposisi berbantuan 3D PageFlip Professional dan mendeskripsikan hasil implementasi. Untuk menyusun bahan ajar tersebut, penulis menggunakan metode ADDIE. Selanjutnya, bahan ajar tersebut divalidasi oleh tiga dosen ahli, dua guru bahasa Indonesia dan lima orang siswa. Berdasarkan hasil validasi tersebut, diperoleh nilai 94,86%. Seluruh hasil persentase tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Artinya, bahan ajar teks eksposisi berbantuan 3D PageFlip Professional untuk SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Bahan ajar, teks eksposisi, dan 3D PageFlip Professional.


Keywords


Bahan ajar, teks eksposisi, 3D pageflip professional

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: Refika Aditama.

Ahmadi. (2016). Pengembangan Modul Contextual Teaching And Learning (CTL) Berorientasi Green Chemistry untuk Pertumbuhan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hygrogen”. 4 (1), 78-79. Diambil dari https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i1.42.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Kodir, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kosasih. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: YRAMA WIDYA.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Permana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Di SMK Ma’arif Salam Magelang. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatni, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rozak, A. & Rasyad, S. (2016). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta: Framepublishing.

Saefullah, I. (2016). Membuat Buku Digital Mandiri. Indramayu: Kaonoe Book.

Salsabila, R. P. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Fisika sebagai Media Intruksional Pokok Bahasan Hukum Newton pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (1): 12-19. Diambil dari https://doi.org/10.19184/jpf.v1i4.23194

Restiyowati. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Jurnal of Chemical Education, 1 (1): 130-135. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.2800

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats