Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro Pada Pokok Bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013

Hengki Danang Isnaeni

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro pada Pokok Bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro pada pokok bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 2 semester I SMA Negeri 3 Bojonegoro tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 2 semester I SMA Negeri 3 Bojonegoro tahun pelajaran 2012/2013..

Key words: Pembelajaran, Model Team Accelerated Instruction, Minat, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats