Aktualisasi Whole Language sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini

Ida Yeni Rahmawati, Raya Nurlianharkah, Cahyo Hasanudin, M. Fadlillah

Abstract


Abstract: Language skills in early childhood has different levels of speed. Many cases occur such as school-age children who have speech delays. Factors that can affect both the parenting style of parents, the methods used in schools and even environmental factors. The method of delivering learning in schools has an important role in improving children's language development. Whole language is a natural approach in language learning. This research aims to describe and explain the actualization of whole language as an approach to early childhood language learning. Literature study is the research method used in this research. Literature studies, whether in the form of books, notes, or reports on the results of previous research, are materials used for the research process. The result of this analysis is to describe the form of application, weaknesses and strengths of language teaching using a whole language approach that can be modified according to the conditions in each school. Based on data that has been found that language skills in early childhood can increase naturally because this whole language approach in principle integrates learning with contextual matters. The four aspects of language skills, namely listening skills, reading skills, writing skills and speaking skills are also integrated in one activity to find out where students' weaknesses are in learning languages.

 

Keywords: Whole language, language learning approach, early childhood

 

Abstrak: Kemampuan berbahasa pada anak usia dini memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Banyak kasus yang terjadi seperti anak usia sekolah yang memiliki keterlambatan berbicara. Faktor yang dapat mempengaruhi baik dari pola asuh orang tua, metode yang digunakan di sekolah bahkan faktor lingkungan. Metode penyampaian pembelajaran di sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan perkembangan bahasa anak. Whole language merupakan suatu pendekatan alamiah dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang aktualisasi whole language sebagai sebuah pendekatan pembelajaran bahasa anak usia dini. Studi kepustakaan adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Studi literatur, baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu merupakan bahan yang digunakan untuk proses penelitian. Hasil dari analisis ini adalah memaparkan mengenai bentuk penerapan, kelemahan dan kelebihan pengajaran bahasa menggunakan pendekatan whole language yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi di masing-masing sekolah. Berdasarkan data-data yang telah ditemukan bahwa kemampuan berbahasa pada anak usia dini dapat meningkat secara alamiah karena pendekatan whole language ini pada prinsipnya mengintegrasikan pembelajaran dengan hal-hal yang kontekstual. Keempat aspek keterampilan berbahasa yakni keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan menulis dan keterampilan berbicara pun diintegrasikan pada satu kegiatan guna mengetahui letak kelemahan siswa dalam belajar bahasa.

 

Kata kunci: Whole language, Pendekatan pembelajaran bahasa, Anak usia dini


Keywords


Whole language, Pendekatan pembelajaran bahasa, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Anggareni, N. D. (2019). Pendampingan belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan whole language di sekolah dasar negeri 020 Galang. Jurnal Minda Baharu, 3(2). 145-155. Retrieved from https://journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/download/2120/1519.

Ayunita, K. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language (Improving the ability of reading beginning Through Whole Language Approach). Jurnal Al-Athfal Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). 1-13. Retieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/39.

Fadlillah. (2018). Bermaian dan Permainan Anak. Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.

Fauzi, C. dan Basikin. (2020). The Impact Of The Whole Languag Approach Towards Children Early Reading and Writing In English. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 94-108. Doi https://doi.org/10.21009/JPUD.141.07.

Ganing, N. Y., dan Kristiantari, M. R. (2017). Pengembangan kemampuan bahasa dengan pendekatan whole language melalui setting lesson study pada anak kelompok B TK Lab Undiksha Denpasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Prabowo, R. A. (2021, February). IbisPaintX Apps in Creating Collaborative 3 D Learning media of Pop-Up and Movable Books. Journal of Physics Conference Series, 1764(1), 1-9. Doi https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012131.

Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 292-305. Doi https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1322.

Meha, N, dan Roshonah, A. F. (2014). Implementasi whole language approach sebagai pengembangan model pembelajaran berbahasa awal anak usia 5-6 tahun di PAUD Non Formal. Jurnal Pendidikan, 15(2), 68-82. Doi https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.415.2014.

Rahmawati, I. Y. (2018). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Ponorogo, Indonesia: Unmuh Ponorogo Press.

Santrock, J. W. (2016). Children (Thirteenth). New York: McGraw-Hill Education.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37-46. Doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745.

Tarigan, D. (2001). Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Kelas Rendah. Jakarta, Indonesia: Universitas Terbuka.

Maulidia, C. R., Fadillah, F., & Miranda, D. pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun tk mawar khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 748-759.. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/34134.

Iskandar, N. M. (2016). Penerapan Pendekatan Whole Language untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar (skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/23420/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats