Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn dengan Pembelajaran Direct Instruction berbantukan Google Classroom

I Gusti Ngurah Adhi Windu

Abstract


Abstract: Civics is a compulsory subject especially for senior high school students. Therefore, the students must have complete learning in each of the existing basic competencies. This study aims to improve students' learning outcomes in civics subject that implements direct instruction using google classroom. This study is Classroom Action Research with 34 students as the research subjects. The research instruments are test questions, interview guidelines, and observation guidelines. The data is collected using tests, observations, and interviews. The data is validated using triangulation techniques of theory and data. The technique of analysis data uses descriptive comparative technique. The result of study shows that there is an improvement of students' learning outcomes starting from pre-action activity to cycle II. It can be viewed from the percentages of classical completeness and success. This study concludes that students' learning outcomes in each cycle have improved and 75% of students have obtained scores above 70 (minimum completeness criteria of civics).

 

Keywords: direct instruction, google classroom, learning outcomes, Civics subject

 

 

Abstrak: Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaan menjadi matapelajaran wajib di jenjang sekolah, khususnya di sekolah menengah atas. Untuk itu, siswa harus memiliki ketuntasan belajar pada setiap kompetensi dasar yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPkn dengan penerapan model pembelajaran direct instruction berbantukan google classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal tes, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Data penelitian ini divalidasi dengan teknik triangulasi teori dan data. Teknik analisis data menggunakan teknik deksriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa mulai dari kegiatan pratindakan sampai siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal dan persentase keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan dan sebanyak 75% siswa sudah mendapat nilai di atas 70 (KKM mata pelarajan PPKn).

 

Kata Kunci: direct instruction, google classroom, hasil belajar, mata pelajaran PPKn.


Keywords


direct instruction, google classroom, hasil belajar, mata pelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Afrianti, W. E. (2018). Penerapan google classroom dalam pembelajaran akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia) (skripsi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Indonesia).

Ahmad, L. F., & Yunus, M. (2014). Pengaruh E-Mail pada Pemberian Tugas dengan Menggunakan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bajeng (Studi pada Sub. Materi Pokok Hidrolisis Garam). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 15(2), 1-15. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4587.

Al Muchtar, S. (2000). Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPS. Bandung, Indonesia: Gelar Pustaka Mandiri.

Anori, S., Putra, A., Asrizal (2013). Pengaruh penggunaan buku ajar elektronik dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(1), 104-111. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/498/287.

Arends, R. (2008). Learning to Teach. New York: The McGrawHill companies.

Arikunto, S., dkk. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Astutik, E. Y., dkk. (2020). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kompetensi dasar perawatan kulit wajah secara manual di SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Tata Rias, 9(4), 82-90. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/35837/31877.

Badruzaman, M. (2021). Penerapan pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar pada masa pandemi. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 2(1), 22-31. Retrieved from http://www.journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/view/68.

Basri, dkk. (2020). Pelatihan pemanfaatan sistem pembelajaran daring bagi guru-guru SMA di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 53-58. Doi http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.1193.

Birzea, C. (2000). Education for democratic citizenship: a lifelong learning perspective. Strasbourg: Council of Europe.

Brata, D. N. P., Mahatmaharti, R. R. A. K., Istianingrum, R., Hasanudin, C., & Hadi, S. (2020). Developing pancasila and civic education (PPKN) based on local wisdom. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 768-773. Doi https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8192.

Bruce, J., Weil, M. dan Calhoun E. (2009). Model of Teaching (Eighth Edition). Boston: Pearson.

Cholisin. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran Pkn. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan Kurikulum dan silabus pendidikan kewargaegaraaan. Jakarta, Indonesia: Depdiknas.

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2391), 58-68. Doi https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062.

Hamalik, O. (1989). Teknik pengukur dan evaluasi pendidikan. Bandung, Indonesia: Mandar Maju.

Handayani, R. Wulandari, D. (2021). Modern assessment dalam menyongsong pembelajaran abad 21 dan hambatan di negara berkembang. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 13-24. Doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363.

Handayani, R., dan Wulandari, D. (2021). Modern assessment dalam menyongsong pembelajaran abad 21 dan hambatan di negara berkembang. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 13-24. Doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363.

Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24-35. Doi https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). How is the student’s negotiation text in collaborative learning of flipped classroom and a CyberLink power director media apps. Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(6), 559-567. https://doi.org/10.18280/isi.240601.

Hasanudin, C., Supriyanto, R. M. T., Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1414.

Kunandar, D. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lubis, Y. & Sodeli, M. (2018). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi revisi 2018. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 193-204. Retrieved from http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/4014/2153.

Masyithah, R. (2021). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya dalam produk teknologi di MTs. N 3 Aceh Utara tahun ajaran 2018/2019. AL-ILMU, 6(1), 165-179. Retrieved from http://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/AIJKIS/article/view/173/124.

Maulani, A., dkk. (2020). Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 215- 223. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347.

Musdholifah, dkk. (2020). Pengembangan media pembelajaran kelas online untuk guru SMA di Kabupaten Magetan. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 49-56. Doi http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i1.673.

Nugraheni, D. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Google Classroom Materi Vektor Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(1), 70-75. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/32452/13988.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/278118-penerapan-model-pembelajaran-discovery-l-89110763.pdf.

Permendikbud nomor 49 tahun 2014 pasal 6 ayat 1 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(1). Refreived from https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527.

Rahma, A. A., & Arista, H. (2021). Analisis penerapan google classroom untuk meningkatkan mutu pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 88-95. Doi https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.730.

Rattu, J. A. (2017). Penilaian Kompetensi Sikap pada Mahasiswa Jurusan PPKn Fis Unima. Jurnal Civis Education, 1(1), 9-14. Doi https://doi.org/10.36412/ce.v1i1.490.

Rismayani, N. L., dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2), 1-11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/405.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta, Indonesia: Prenada Media.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sumber Proses Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kencana.

Sekar, N. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 347-353. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29067.

Setiawan, I., dkk. (2019). Bimbingan klasikal penguasaan konten dengan google classroom berbasis pemaknaan cerita rakyat untuk menanamkan nilai-nilai karakter siswa SMP. dalam SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Retrieved from https://conference.umk.ac.id/index.php/sembika/article/download/69/81.

Sewang, A. (2017). Keberterimaan Google Classroom sebagai alternatif Peningkatan Mutu di IAI DDI Polewali Mandar. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 1(1), 35-46. Retrieved from https://jppi.ddipolman.ac.id/index.php/jppi/article/view/34.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta, Indonesia: Arruzz media.

Sudirah, S. (2020). Penerapan Metode Instruksi Langsung (Direct Instruction) dalam Sistem Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 97-108. Diambil dari https://siducat.org/index.php/isej/article/view/49.

Sulastri, A. (2021). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dalam meningkatkan kemampuan menginterpretasi peta. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(2), 157-165. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19981/7538.

Sulisnayanti, Y. (2009). Upaya peningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di kelas x ak 2 smk negeri 3 surakarta melalui penerapan metode direct instruction tahun diklat 2008/2009 (penelitian tindakan kelas) (Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia). Refrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/8733Upaya-peningkatkan-kualitas-pembelajaran-akuntansi-di-kelas-x-ak-2-SMK-Negeri-3-Surakarta-melalui-penerapan-metode-direct-instruction-Tahun-diklat-20082009-penelitian-tindakan-kelas.

Suprapto, H. (2016). Meningkatkan pemahaman dan aktifitas siswa terhadap materi hukum melalui pengimplementasian model pembelajaran langsung pada pengadilan negeri ponorogo. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 1(1), 60-70. doi: http://dx.doi.org/10.24269/v1.n1.2016.60-70.

Supriyono. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika. Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Tolib dan Nuryadi. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: buku guru) (Rev. Ed). Jakarta, Indonesia: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka Publisher.

UU RI nomor 20 tahun 2003 pasal 37 ayat 1 tentang Sistem pendidikan Nasional.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1). Refrieved from http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/1568.

Wijaya, A. K. (2018). Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Kewarganegaraan Peserta Didik (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/37826/1/T_PKn_1604859_Title.pdf.

Wijaya, A. K. (2020). Integrasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Multimedia Dalam Meningkatkan Keterampilan .Partisipasi Sosial Siswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 98-113. Doi http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6420.

Winataputra, U. & Budiansyah, D. (2012). Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif internasional. Bandung, Indonesia: Widya Aksara Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats