Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif

Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstract: This study aims to gather sufficient information about the development of comics as an effective learning medium. This research method is a literature study that collects some previous research to answer the development of comics as an effective learning medium. The results of this study show that comics are a very effective learning medium to increase student and student interest, motivation, activities, and learning outcomes. Comic learning media is a learning media favored by students. This can be seen from the research results of the previous articles which show that the response of students is very positive with the presence of comics as a learning medium.

 

Keywords: Literature Study, Comic, Learning Media

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pengembangan komik sebagai media pembelajaran yang efektif. Metode penelitian ini adalah studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian sebelumnya untuk menjawab pengembangan komik sebagai media pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik adalah media pembelajaran  yang sangat efektif untuk meningkatkan  minat, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa serta mahasiswa. Media pembelajaran komik adalah media pembelajaran yang digemari peserta didik. Hal ini nampak dari hasil penelitian dari artikel-artikel sebelumnya yang menunjukkan bahwa respon peserta didik sangat positif dengan adanya komik sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Studi Literatur, Komik, Media Pembelajaran


Keywords


Studi Literatur, Komik, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anesia, R., Anggoro, B. ., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 53–57.https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Avrilliyanti, H., S. Budiawanti, & Jamzuri. 2013. Penerapan Media Komik untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif dengan Metode diskusi pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika 1(1): 156-163.

Boangmanalu, D., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Media Komik dengan Model Hannafin dan Peck Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V SD Negeri 4 Kampung Baru Tahun 2017 / 2018 Jurusan Teknologi Pendidikan Teknolog Pendidikan haruslah membantu guru dalam pembuatan contoh Media Presentasi ( PPT ), Vid. 6, 170–179.

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228

Irawan, L., Yuliani, E., & Januardi. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntasi Di SMK PGRI Palembang. Jurnal Neraca, 3(1), 99–107.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. 4(19), 939–946.

Kurniati, D., Rahimah, D., & Rusdi, R. (2017). Efektivitas Media Komik Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 6I Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.14-19

Listiyani, I.M. & A. Widayati. 2012. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(2): 80-94.

Nella, S. R., Sylvia I. (2020). Pengembangan Media Komik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Pada Materi Konflik Sosial di Kelas XI SMAN 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, vol 1 (3).228-238

Manalu, M. A., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Nilai Karakter pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 35. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.305

Mujahadah, I., Triono, M., Pgsd, P. S., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. 3(1).

Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.

Nurhayati, N., Aswar, A., & Arifin, I. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 2(2), 25. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9550

Perkantoran, P. A., & Maret, U. S. (2018). SEKREKOM : Media Pembelajaran Komik Online Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Batik 2 Surakarta.

Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.631

Rifky, H. &. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Sadiman, Arief. S., dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada Listiyani, I.M. & A. Widayati. 2012. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10(2): 80-94.

Saleh, A. K., & Kediri, S. M. P. N. (2019). Peer reviewed under responsibility of Universitas Nusantara PGRI Kediri. © 2019 Universitas Nusantara PGRI Kediri, All right reserved, This is an open access article under the CC BY-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). 5(1), 40–47.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2006), 135–141. file:///C:/Users/LENOVO/AppData/Local/Temp/13156-19771-1-SM.pdf

Surijah, E. A., Anggara, F., Yanti, K. I., Luh, Ni Wahyu Santika Sari, L. D. H., Ramayanti, N. P. R. E., Sugiri, & Sukma, K. A. A. A. (2018). Komik sebagai media pembelajaran visual. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 39–50. http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/view/16441

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematikapada Materi Perbandingan Kelas Vii Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Witurachmi, CMS dan Hamidi N. (2018). Pengembangan Komik Akuntansi Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Laporan Keuangan. Jurnal Tata Arta. Vol. 4 (3). 43-53




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats