Penerapan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Integral Berbantuan Geogebra

Darum Budiarto, Sudirman Sudirman, Erry Hidayanto

Abstract


Abstract: This study aims to describe the application of geogebra-assisted inquiry learning to improve student learning outcomes on integral material. This type of research is classroom action research (CAR). The subjects in this study were 36 students of class XI IPA-1 SMA Negeri 4 Bojonegoro. This research was conducted in two cycles. The results of this study are the application of inquiry learning to students of class XI IPA-1 SMA Negeri 4 Bojonegoro integral material with the help of geogebra can: (1) increase student learning outcomes by 4.5 points, namely in the first cycle the class average value is 68.3 and increased in the second cycle with a class average of 72.8; and (2) an increase in completeness between the first and second cycles by 8.4%, namely completeness in the first cycle by 69.4% and an increase in the second cycle by 77.8%.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi integral. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI IPA-1 SMA Negeri 4 Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran inkuiri pada peserta didik kelas XI IPA-1 SMA Negeri 4 Bojonegoro materi integral dengan berbantuan geogebra dapat: (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 4,5 poin yaitu pada siklus pertama nilai rerata kelas 68,3 dan meningkat pada siklus kedua dengan nilai rerata kelas 72,8; dan (2) adanya peningkatan ketuntasan  antara siklus pertama dan siklus kedua sebesar 8,4% yaitu ketuntasan pada siklus pertama sebesar 69,4% dan meningkat pada siklus kedua sebesar 77,8%.

 

 


Keywords


Pembelajaran inkuiri, hasil belajar, geogebra

Full Text:

PDF

References


Alkhateeb, M. A., & Al-Duwairi, A. M. (2019). The Effect of Using Mobile Applications (GeoGebra and Sketchpad) on the Students’ Achievement. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 523–533. https://doi.org/10.29333/iejme/5754

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 11(01), 18–33.

Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616

Hohenwarter, M., & Hohenwarter, J. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Ma- thematics Software GeoGebra Calculus with GeoGebra. Proceedings of the International Conference on the Teaching of Mathematics - TSG 16, September 2016, 1–9.

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lamichhane, B. R. & Belbase, S. (2017). Image of Mathematics Held by Undergraduate Students. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 147-168.

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). the Students’ Mathematical Understanding Ability Through Scientific-Assisted Approach of Geogebra Software. Infinity Journal, 7(2), 165. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p165-172

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Serhan, D. (2015). Students’ understanding of the definite integral concept. International Journal of Research in Education and Science, 1(1), 84–88. https://doi.org/10.21890/ijres.00515

Siswanto, R. D. & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. JPPM, 10(1), 42-51.

Suhito & Nuha, A. Z. (2018). Model Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat, 2(2), 56–64.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Tasman, F., Ahmad, D., & Suherman, S. (2018). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mengkoneksikan Sigma, Area, dan Definisi Integral Tentu Secara Geometri. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 186. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/238

Yamin, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Kelas XII IPA-2 SMAN 2 Bagan Sinembah Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Edutech. 2(1), 65–71.

Zakaria, E., & Salleh, T. S. (2015). Using technology in learning integral calculus. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5S1), 144–148. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n5s1p




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.1366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats