Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga

Dita Priska Pravita Sari, Murtono Murtono, Slamet Utomo

Abstract


This study aims to (1) developing interactive learning media based on Problem Based Learning and snakes and ladders for fourth grade social studies, (2) describe the feasibility of interactive learning media based on Problem Based Learning and snakes and ladders for fourth grade social studies This study uses Borg and Gall development, namely (1) information gathering, (2) initial product development, (3) expert evaluation, (4) product testing, (5) product revision, (6) product testing, (7) final product. This interactive learning media products are packaged on CD or soft files with a guidebook. This interactive learning media can be played on computers, laptops, and Android smartphone. Interactive learning media based on problem-based learning and snakes and ladders proved to be very feasible by seeing the results of the material expert's validation, media expert validation, linguist validation, and field practitioner validation respectively 97.50%, 96.67%, 92.50%, and 77.86% with an average percentage of eligibility reaching 91.13%. Product feasibility is also seen based on the results of field trials which show teacher responses and student responses respectively 89.28% and 81.06% with an average percentage of 85.17%. This interactive learning media is suitable for use in the fourth grade social studies.

Keywords: Problem Based Learning, Snake and Ladder Games

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan ular tangga pelajaran IPS Kelas IV SD, dan (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan ular tangga pelajaran IPS Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan menurut Borg and Gall yakni (1) pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk CD atau soft file dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. Media pembelajaran interaktif ini bisa dimainkan di komputer, laptop, dan smartphone Android. Media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning dan permainan ular tanggaterbukti sangat layak digunakan dengan melihat hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa, dan validati praktisi lapangan berturut-turut 97,50 %, 96,67 %, 92,50 %, dan 77,86% dengan rata-rata persentase kelayakan mencapai 91,13%. Kelayakan produk juga dilihat berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang menunjukkan respon guru dan respon siswa berturut-turut 89,28 % dan 81,06 % dengan rata-rata persentase sebesar 85,17 %. Media pembelajaran interaktif ini layak digunakan pada mata pelajaran IPS kelas IV SD.

Kata kunci: Problem Based Learning, Permainan Ular Tangga



Keywords


Problem Based Learning, Permainan Ular Tangga

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Ennis Pada Materi Biologi. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Budiman, A., Suryana, C., & Dewi, R. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Ular Tangga Untuk Sekolah Dasar Kelas Satu. Seminar Nasional Informatika (SNIf), 1(1), 540-545.

Huijser, H., Kek, M. Y., & Terwijn, R. (2015). Enhancing Inquiry-Based Learning Environments with the Power of Problem-Based Learning to Teach 21st Century Learning and Skills', Inquiry-Based Learning for Science, Technology, Engineering, and Math (Stem) Programs: A Conceptual and Practical Resource for Educators (Innovations in Higher Education Teaching and Learning, Volume 4, 301-320. doi:10.1108/S2055-364120150000004017

Istianah, Y., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Transisi Morph dan Zoom Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2): 113-126.

Khamzawi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100-108.

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (1), 48-55.

Ramadhani, T., & Koryati, D. (2015). Analisis Model Dan Media Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34-45.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 187-200.

Tegeh, M., & Budiartini, N. K. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (Qsh) Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 1(2), 137-144.

Veličković, S. (2013). The Game - A Real Chance of Modern Education. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 1 (1), 63-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats