Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar

Rizka Awliyah, Suyadi Suyadi, Fina Raudlatul Jannah, Arif Mustofa

Abstract


Abstract: Language is used as a means for communication and language is an untroduction education. To understand the important information, understand what the teacher and others are communicating, and to be able to communicate better then the child must understand the language. This research is done in order to better understand the development of children’s language and the factors that influence it. In this research, researchers used the study literatur method and use a qualitative approach. Books, journals, and reports of past research are the sources of data usedthe results of this study stated that the development of a rapidly increasing language in elementary school level children is development of morphology, syntactic, phoneme, vocabulary, pholonogy, and semantic. With this research is expected to help parents, teacher and prospective teachers to understand the development of the language of elementary school level children.

 

Keyword: development, language, children, elementary school.

 

Abstrak: Bahasa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bahasa merupakan sebuah pengantar dalam Pendidikan. Untuk memahami berbagai informasi penting, mengerti dengan apa yang di sampaikan oleh guru dan orang lain, serta untuk dapat berkomunikasi dengan baik maka anak harus memahami bahasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih memahami perkembangan bahasa anak serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi pustaka (literatur) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku, jurnal, serta laporan hasil penelitian terdahulu merupakan sumber data yang digunakan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perkembangan bahasa yang meningkat pesat pada anak tingkat sekolah dasar adalah perkembangan morfologi, sintaksis, fonem, kosa kata, fonologi, dan semantik. Dengan adanya kajian ini diharapkan dapat membantu orang tua, guru serta calon guru untuk memahami perkembangan bahasa anak tingkat sekolah dasar.

 

Kata kunci: perkembangan, bahasa, anak, sekolah dasar.


Keywords


development, language, children, elementary school.

Full Text:

PDF

References


Alfiana, R., & Kuntarto, E. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Repository Unja.

Desiani Natalina, G. G. (2019). Komunikasi Dalam Paud. Ksatria Siliwangi, Tasikmalaya.

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan.. Kencana, Jakarta.

Kushartanti, Untung Yuwono, M. R. L. (2007). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2).

Oktadiana, B., Hayati, E., & Sofiana, I. A. (2019). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar (Tercapai) Di Mi Ma’arif Sambego. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).

Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY.

Putra, A. Y., Yudiemawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Journal Nursing News, 3(1).

Rizkiyana, M. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A Di Tk Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung

Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanan Akhir. Kencana, Jakarta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana, Jakarta.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: : Untuk Pendidikan Anak. Deepublish, Yogyakarta.

Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01).

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (c).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats