Impementasi Revitalisasi Perpustakaan di SD Negeri Sumberrejo I dalam Mewujudkan Budaya Literasi pada Peserta Didik

Refi Ranto Rozak, Moh. Fuadul Matin, Rhofiqoh Inayatin, Siti Nurul Maulida

Abstract


                                                        ABSTRACT
Libraries are a very influential tool in the world of education that must be maintained and maintained. So libraries that are no longer in use need to be revitalized so that their existence can be utilized. The aim of the campus teaching program 7 is to create a culture of literacy and numeracy among students at Sumberrejo State Elementary School 1. The research method used is qualitative research with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. So that from the revitalization of the library, the form of student literacy culture continues and increases, this can be seen based on the results of the students' AKM Pre-test and Post-test. It can be concluded that the library revitalization process carried out at SD Negeri Sumberrejo 1 is by cleaning the library room, sorting books suitable for reading and not suitable for reading, separating fiction, non-fiction, package books and LKS books, grouping books according to book type and label. , arranging books on shelves according to their type and labels, decorating the library room, and inviting students to visit and read books in the library.

Keywords: library revitalization, literacy culture, students


                                                          ABSTRAK
Perpustakaan merupakan sarana yang sangat berpengaruh pada dunia Pendidikan yang harus dipertahankan dan dijaga keberadaannya. Maka perpustakaan yang sudah tidak difungsikan kembali perlu direvitalisasi untuk dapat dimanfaatkan keberadaannya. Tujuan dalam pengabdian program Kampus Mengajar 7 untuk mewujudkan budaya literasi dan numerasi pada peserta didik SD Negeri Sumberrejo 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sehingga dari revitalisasi perpustakaan, wujud budaya literasi peserta didik berjalan dan meningkat, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil Pre-test dan Post-test AKM peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa proses revitalisasi perpustakaan yang dilakukan di SD Negeri Sumberrejo 1 yaitu dengan membersihkan ruang perpustakaan, menyortir buku layak baca dan tidak layak baca, memisahkan buku fiksi, non-fiksi, buku paket, dan buku LKS, mengelompokkan buku sesuai jenis dan label buku, menata buku dalam rak sesuai pengelompokkan jenis dan labelnya, mendekorasi ruang perpustakaan, serta mengajak peserta didik untuk berkunjung dan membaca buku-buku di perpustakaan.

Kata Kunci : revitalisasi perpustakaan, budaya literasi, peserta didik


Keywords


revitalisasi perpustakaan, budaya literasi, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., ... & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.

Amin, A., Batubara, A. K., Priatmana, A., Tanjung, S. P., & Nasution, I. M. (2022). Strategi dan Manfaat Layanan Open Access Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 267-276. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i2.780.

Anindyarini, A., Sumarwati, Waluyo, B., Hastuti, S., & Mujiyanto, Y. (2019). Strategi Menghidupkan Budaya Literasi Melalui Dongeng. Senadimas, 7(1), 343–354. Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3257

Aziz, Y. A. (2022). Pengertian dan Makna Budaya Literasi. Yogyakarta: Deepublish.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522-527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.

Firmansyah, R., Alquriyah, Y., & Prahastiwi, E. D. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan budaya literasi siswa SD. Journal of Basic Learning and Thematic, 1(1), 8-12.

Hafidza, K., Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SMK. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 141-159.

Haliza, Y., Handayani, F., & Gusrianda, G. (2023). Urgensi Literasi Budaya Generasi Milenial di Era Digital. Proceedings IAIN Kerinci, 1(2), 141-148. Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/pik/article/view/3350.

Harahap, M. (2016). Esensi peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140-155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625.

Hasnadi, H. (2019, December). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 610-620). Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/551.

Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository Unja. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/9746/1/ARTIKEL%20MUHAMMAD%20ALI%20IMRON.pdf.

Irianto, P.O dan Febrianti, L.Y (2017), Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Seminar Internasional The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.

Iyuk, M. (2021). Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 08 Marong. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 253-260. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.3434.

Kangko, D. D., Pranajaya, P., & Wardiyono, W. (2021). Revitalisasi Perpustakaan SMK Bina Pangudi Luhur Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 190-200.

Komara, D. A., Hadipurwa, A. (2023). Improving literacy of junior high school students through revitalization library in kampus mengajar IV activities. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 143-152 https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/70502/40505

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120-139. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i2.199.

Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 19-23. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2894.

Nazillah, H. I., & Fajar, A. (2023). PENINGKATAN BUDAYA LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PROYEK KREATIF PADA SISWA KELAS V DI MI AL-BAROKAH CIHANJAWAR. 2. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/abdiwidya

Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 81-85.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Ramadhan, R. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Digital Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 21-31. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11270.

Sari, A. R., Susanti, I., Widaningsih, L., Permana, A. Y., & Sari, D. C. P. (2022). Peningkatan Tingkat Literasi Masyarakat Melalui Revitalisasi Perpustakaan Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Lentera Karya Edukasi, 2(3), 137-146.

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003)

Widayanto, M. T. (2020). Optimalisasi Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Desa Jatiadi, Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(01), 32-39. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1640.

Widyawati, D. (2017). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/19683.

Yudiana, K., Putri, N. N. C. A., & Antara, I. G. W. S. (2023). Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan. Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, (7)3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/69790/28377




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats