Pelatihan Menulis Kreatif bagi Siswa Sanggar Bimbingan di Pondok An-Nahdloh Selangor, Malaysia
Abstract
Writing skills require continuous and intensive training until beautiful writing and aesthetic value are produced. Writing skills must be developed in the world of education because they can train students to think critically. Creative writing training for Guidance Studio Students at Pondok An-Nahdloh Selangor, Malaysia aims to (1) familiarize students with literacy culture, (2) teach students to have literacy skills, especially creative writing skills, especially poetry in Indonesian, (3) motivate students to write creatively in everyday life, (4) assist teachers in teaching literacy skills. The partner for this community service activity is Pondok An-Nahdloh Selangor, Malaysia. The method of this activity is training and mentoring partners with stages of socialization, lectures on poetry writing methods, poetry writing practice, and mentoring poetry improvements. The results of this service can be concluded that this training and mentoring activity was very successful and was able to improve the creative writing skills of the training participants.
Keywords: Training, creative writing, guidance studio students, pondok An-Nahdloh
ABSTRAK
Keterampilan menulis memerlukan pelatihan terus-menerus dan intensif sampai dihasilkan tulisan yang indah dan memiliki nilai estetika. Keterampilan menulis harus ditumbuhkembangkan dalam dunia pendidikan karena dapat melatih siswa berpikir kritis. Pelatihan menulisan kreatif bagi Siswa Sanggar Bimbingan di Pondok An-Nahdloh Selangor, Malaysi bertujuan untuk (1) mengakrabkan peserta didik dengan budaya literasi, (2) membelajarkan peserta didik agar memiliki keterampilan literasi khususnya keterampilan menulis kreatif khususnya puisi dalam bahasa Indonesia, (3) memotivasi peserta didik untuk menulis kreatif dalam kehidupan sehari-hari, (4) membantu tugas para guru dalam membelajarkan keterampilan literasi. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Pondok An-Nahdloh Selangor, Malaysia. Metode kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan mitra dengan tahapan sosialisasi, ceramah tentang metode penulisan puisi, praktik menulis puisi, dan pendampingan perbaikan puisi. Hasil pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan ini sangatlah berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis kreatif para peserta pelatihan.
Kata Kunci: Pelatihan, menulis kreatif, siswa sanggar bimbingan, pondok An-Nahdloh
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan literasi menulis kreatif melalui gelar wicara daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23.
Arianti, R. (2020). Pelatihan Menulis Kreatif Puisi pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Vol. 1, Issue 1).
Budihastuti, E. (2019). Ketersediaan Bahan Bacaan sebagai Penunjang Kegiatan GLS pada SMP Swasta di DKI Jakarta. Prosiding Seminar Internasional Kebahasaan, 245–254.
Dalman, D. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. (2004). Dediknas. (2004). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Elvina, & Putri, D. (2021). Pelatihan Menulis Kreatif untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di SDN 006 Rambah. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2(2), 93–97.
Mardiana, D., Afrom, I., & Natalina, K. (2023). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Ilmiah Berbasis TIK bagi Guru Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Mumpuni, A. (2023). Pelatihan Menulis Kreatif melalui Permainan Tebak Cerita Creative Writing Training Through Guessing Story Games. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02), 81–87.
Oebaidillah, S. (2016). Kemendikbud Dukung Gerakan Guru Menulis. Jakarta: MediaIndonesia.com.
Puspita, A. M. I., Santosa, A. B., Basuki, Y., Purnomo, Y. D., & Nuriadin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 197–207.
Putera, L. J., & Khairussibyan, M. (2018). Pelatihan Penulisan Kreatif Terstuktur. Journal of Character Education Society, 1(1), 52–56.
Rosdiana, A., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Lailiyah, N. N. (2023). Upaya Menulis Kreatif bagi Guru dalam Gerakan Literasi Guru Menulis (GLGM). In Jurnal Budimas (Vol. 05, Issue 02).
Rukayah, R., Poerwanti, J. I. S., & Syawaludin, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Menulis Kreatif bagi Guru-Guru SD di Kota Surakarta. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 33–37. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2656
Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., Solikha, N. I., Pratama, N. K., & Adha, D. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi M-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Siswa. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 163–174.
Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Turnadi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Media Pustakawan, 25(3), 69.
UNESCO. (2004). The Plurality Of Literacy And Its Implications For Policies And Programmes. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organiza tion.(ebook).
Widodo, A., Mafrudin, E., Sutisna, D., Sobri, M., & Erfan, M. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Siswa Lemah Baca di SD Kristen Maranatha Kedungadem Bojonegoro. Equity In Education Journal, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1553
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 11, Issue 1).
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1–6.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats