Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Perangkat Pembelajaran berbasis Pendekatan Kontekstual Lahan Basah

Muhsinah Annisa, Fathul Jannah

Abstract


ABSTRACT

The increase of teacher professionalism through the development of wetland-based learning tools were aim of this training community service activity. The activity participants were consisted of 21 teachers of SD Tandipah, Regional of Banjar and other teachers with high interest in self-development activities. Zoom media, and lectures, discussions, questioning and answering forum and practice in making contextual wetland-based learning tools were used in this activity. The community service activities were carried out on 2-3 October 2021. The results generated from this activity was very good, indicated by the excess of total participants from the target, participants’ enthusiasm and very active session of questioning and answering during the activity also indicated how well this activity was. Internet network problems were found during the activity were in progress, many activity participants came from remote regency area with a lot of internet network interruptions.

Keywords: contextual approach, learning tools, teacher professionalism, wetlands

 

 

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalime guru melalui pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lahan basah. peerta kegiatan terdiri dari 21 guru SD Tandipah Kab. Banjar dan guru-guru yang terarik dalam kegiatan pengembangan diri tersebut. Kegiatan  dilakuan menggunakan media zoom, dan metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab dan praktek pembuatan perangkat permbelajaran berbasis kontektual lahan basah. kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan pada 2-3 Oktober 2021. Kegiatan dapat terlaksana dengan baik, hal ini ditandai dengan jumlah peserta yang melebihi targe, antusiasnya peserta dan aktifnya tanya awab selama kegiatan berlangsung. Kendala yang terjadi saat kgiatan berlangsung yaiu adanya kendala jaringan internet, peserta kegiatan banyk yang berasala dari daerah Kabupaten yang mana sering mengalami gangguan jaringan internet.

Kata Kunci: profesionalisme guru, perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, lahan basah


Keywords


profesionalisme guru, perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, lahan basah

Full Text:

PDF

References


Abdul Muth’im1, J. (2021). Menanamkan Kearifan Lokal Masyarakat Lahan Basah Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris : Persepsi Dan Praktik Guru-Guru Di Kalimantan. 4(nomor 1), .

Akhmad, I. (2023). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Sekolah Berbasis Aplikasi Pada Kkg Olahraga Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.42117.

Alviawati, H. P. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( Ips ) Untuk Pengurangan Resiko Bencana Di Sekolah Pada Daerah Rawan. 9 nomor 2.

Aminah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791.

Amir, M. F. (2015). Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, hal. 34-42.

Anggraini, R. D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Pada Materi SPLTV Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendikia, 6(3), 3136-3147. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1658.

Anissa, R. M. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika bermuatan lingkungan lahan basah untuk melatihkan karakter waja sampai kaputing. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), XXVII(Juni), 33-39.

Arianta, Y. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK/MAK. Jurnal Cendikia, 6(1), 970-979. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1171.

Br. Sormin, S. H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas Viii Di Smp Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Daat, S. C. (2022). Knowledge Sharing, Human Capital, dan Kinerja UMKM: Studi Empiris pada UMKM di Kota Jayapura. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1(9), 102-109, https://doi.org/10.19184/ejeba.v9i2.31360.

Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. I,. 20(oktober), 142-149.

Hasan, M. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi. Jurnal Ideas, 8(2), 477-486.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 4(1), 85.

Jannah, F. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. 1(2), 19-24.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. 13(3), 1(Juni), 17-38.

Misbah, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Perangkat Creative Responsibility Based Learning ( CRBL ) Untuk Memudahkan Guru Dalam Menggali Kreativitas Ilmiah Siswa Di Lingkungan Lahan Basah Training Of Create Teaching Materials Creative Responsibility Based Learning ( CRBL ) To. 2, 33-36.

Mukarromah, H. &. (2020). Validitas Handout Berorientasi Lahan Basah Rawa Tanpa Hutan Dan Rawa Rumput untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional. http://103.55.216.56/index.php/psb/article/view/15892, 334-342.

Nilasari, E. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 1399-1404.

Novsiani, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JIPP, 7(2), DOI: 10.29303/jipp.v7i2c.624.

Nurhadi, Z. F. (2021). Sosialisasi Pentingnya Lingkungan Alam Berbasis Komunikasi. Sinergi Komunikasi, 1(2), doi:http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9614/4324.

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264.

Rusmanayanti, A. R. (2020). Pandangan dan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa ULM tentang Lahan Basah di Kalimantan Selatan. 123.

Sambada, D. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Lahan Basah Pada Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Pendekatan Ctl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. 2(2), 37-47.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. 3(1).

Simbolon, E. R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa Smp. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual , Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. XI(1), 23-40.

Wati, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Ipa Berbasis Hots Di Lingkungan Lahan Basah. 27-32.

Yunita, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Lahan Basah Pada Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Pendekatan Ctl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Edusains, 7(2), 19–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats