Pelatihan Pembuatan Handycrafts untuk Mengembangkan Potensi Industri Kreatif Masyarakat di Dekranasda Jakarta Barat

Supardi Supardi

Abstract


This service activity aims to provide training to the community in the West Jakarta Dekranasda on how to make handicrafts in the form of handbags and jampel pans that have economic value. The method of implementing this service begins with the preparation stage, providing training materials, implementation (making handbags and pot jampels), then marketing the product. The handicrafts produced were then marketed for two weeks at the Jakarta cultural feed event which was held at Puri Mall Kembangan, West Jakarta. The results of this service activity show that the community under the auspices of the Regional National Crafts Council for the West Jakarta area already has knowledge of the community's creative industry in the form of the ability and expertise to make handicrafts and is able to market the products that have been produced.


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat di Dekranasda Jakarta Barat mengenai cara membuat handycrafts berupa handbag dan jampel panci yang memiliki nilai ekonomis Metode pelaksanaan pengabdian ini diawali dengan tahap persiapan, pemberian materi pelatihan, pelaksanaan (pembuatan handbag dan jampel panci), selanjutnya memasarkan produk. Handycraft yang dihasilkan kemudian dipasarkan selama dua pekan pada even pekan budaya Jakarta yang diadakan di di Puri Mall Kembangan Jakarta Barat. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa masyarakat dibawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah wilayah Jakarta Barat, telah memiliki pengetahuan tentang industri kreatif masyarakat berupa kemampuan dan keahlian membuat kerajinan tangan (handycrafts) serta mampu melakukan pemasaran produk yang telah dihasilkan.


Keywords


Training, Handycrafts, Creative Industry Potential

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y.R. (2022). PDB Ekonomi Kreatif Mencapai Rp1.134 Triliun Pada 2021. Diakses pada tanggal 20 September 2022 pada laman: https://kaltim.antaranews.com/berita/150509/pdb-ekonomi-kreatif-mencapai-rp1134-triliun-pada-2021.

Maduwinart, A., & Andayani, S. (2020). PKM Handicraft Limbah Kain Handuk “Kanta Craft” Milik Penyandang Cacat Di Surabaya. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1 No. 1, Oktober 2022, Hal. 7-13.

Melianingsih, N., & Sugyarta. (2019). PKM Kelompok Industri Handycraft di Desa Blanceran Kec.Karanganom Kab. Klaten - Jawa Tengah. Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat II (Senadimas II). Hal. 242-247.

Prawiro, M. (2018). Seni Kriya: Pengertian, Sejarah, Fungsi Dan Jenisnya. Diakses pada tanggal 20 September 2022 pada laman: https://www.gramedia.com/literasi/seni-kriya/.

Renanda, Rifqi. (2021). Industri Kreatif dan Kontribusinya dalam Perekonomian Indonesia. Diakses pada tanggal 20 September 2022 pada laman: https://greatdayhr.com/id-id/blog/industri-kreatif/.

Uno, Sandiaga. (2021). Kontribusi Ekonomi Kreatif ke PDB RI Nomor 3 Dunia, Menteri Sandiaga : Bangga Guys. Diakses pada tanggal 20 September 2022 pada laman: https://datacore.id/2021/04/19/kontribusi-ekonomi-kreatif-ke-pdb-ri-nomor-3-dunia-menteri-sandiaga-bangga-guys/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats