Lesson Study: Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Kolegialitas Guru

Sri Wahyuni, Dwi Rukmini, Sri Wuli Fitriati, Ervina Juli Aryani, Glendia Fisca

Abstract


Minimum exposure on the lesson study practices for English teachers of Junior High Schools in Sub Rayon (SR)12 Semarang led to the formulation of this lesson study training. The purpose of this training was to develop the teachers’ professionalism which was expected to be reflected in the learning quality. This program aimed at improving the teachers’ understanding on the concept, advantages, stages and implementation model of lesson study. Besides, the training was expected to provide the English teachers with practical experiences about how to implement lesson study in real teaching and learning activities. The training involved 26 English teachers of Junior High Schools of SR 12 Semarang and four student English teachers of Universitas Negeri Semarang.  The lesson study training was delivered in the forms of presentation of conceptual materials and lesson study practices. The findings show that the English teachers obtain more knowledge of the concept, advantages, stages, and implementation model of lesson study. In addition, they opine that lesson study can improve their professional competence in general and learning quality in particular. It is expected that this will be sustainable program that can reach wider audience.

 

Terbatasnya pelatihan lesson study bagi guru MGMP Bahasa Inggris SMP Sub Rayon (SR) 12 Kota Semarang mendorong adanya program pelatihan lesson study. Tujuan pelatihan lesson study adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru yang diharapkan dapat tercermin pada kualitas pembelajaran. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai konsep, manfaat, tahap, dan model implementasi lesson study. Selain itu, pelatihan ini diharapkan memberikan pengalaman praktis bagaimana Lesson Study diimplementasikan dalam pembelajaran. Program ini melibatkan 26 guru Bahasa Inggris SMP SR 12 Kota Semarang dan empat mahasiswa praktikan PPL Universitas Negeri Semarang. Program pelatihan lesson study dilaksanakan dalam bentuk penyampaian teori mengenai lesson study dan pelaksanaan praktek lesson study. Target program ini adalah guru mampu menjelaskan berbagai konsep terkait lesson study serta dapat mengimplementasikannya bersama komunitas guru pada lingkungan sekolah masing-masing. Setelah mengikuti pelatihan lesson study, guru mengetahui konsep, manfaat, tahapan dan model implementasi lesson study. Selain itu, para  guru berpendapat bahwa pelatihan lesson study dapat meningkatkan kompetensi professional secara umum dan kualitas pembelajaran secara khusus. Diharapkan bahwa pelatihan semacam ini akan berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak khalayak sasaran.


Keywords


Kolegialitas, Guru Bahasa Inggris, lesson study, kualitas pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Imswatama, A., Arvianto, F., Supendi, D.A. (2018). Meningkatkan kompetensi professional guru SMP Negeri 7 Kota Sukabumi melalui pendampingan penyusunan karya ilmiah. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 134-140.

Melati, A.H., Junanto, T., & Lestari, I. (2014). Lesson Study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran English for Chemistry 1.

Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2014, Surakarta, Indonesia, 2014. Sebelas Maret University, 2014

Murtisal, E., Nurmaliah, C., & Safrida. (2016). Implementasi pembelajaran berbasis Lesson Study terhadap kompetensi pedagogic dan keterampilan proses sains guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, ISSN: 2337-9812, 4(1), 81-94.

Musdholifah, Hartono, U., & Witjaksono, A.D. (2019). Peningkatan kompetensi profesionalisme guru melalui pelatihan financial literacy bagi guru-guru Ekonomi di Kabupaten Lombok Timur. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 239-245.

Putri, I., Atmazaki, R, Syahrul. (2013). Pelaksanaan Lesson Study dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII.5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(1), 108-117.

Rohali. (2010) Pelatihan Lesson Study bagi guru-guru Bahasa Prancis SMA/SMK di DIY, Jateng, Jabar, dan Kalteng sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru. https://id.scribd.com/doc/211319794/Artikel-Pelatihan-Lesson-Study-Bagi-Guru

Sriyanto, J. (2007). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui Lesson Study. JPTK, 16(1), 95-116.

Sumani. (2009). Lesson Study sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP/article/download/78/66

Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Edusainstek. ISBN : 978-602-5614-35-4.

Winarni, P.S., Astuti, S., Oktriany, W.H. (2016). Best Practise pelatihan model lesson study untuk meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 28 Semarang.

https://www.researchgate.net/publication/305773901

Zahid, M., & Khanam, A. (2019). Effect of reflective teaching practices. on the performance of prospective teachers. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(1), 32-43.

Zubaidah, S. (2010). Lesson study sebagai salah satu model pengembangan profesionalisme guru. Makalah Disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Nasional dengan Tema Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Lesson Study, 22 April 2010 di Universitas Brawijaya Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats