Aplikasi Belajar Mandiri Bahasa Inggris bagi Siswa SDN Gunung Pasir Jaya

Irene Brainnita Oktarin, Maria Edistianda Eka Saputri

Abstract


Awal tahun 2020 pandemi Covid-19 merebak dimanapun, hal ini mengakibatkan Kemdikbud mengeluarkan program belajar dari rumah melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) dimana semua peserta didik tidak diperbolehkan belajar di sekolah seperti sebelumnya. SDN Gunung Pasir Jaya adalah salah satu sekolah yang menerapkan edaran yang Kemdikbud berikan untuk belajar dari rumah. Hal ini membuat penyampaian materi pelajaran serta interaksi antara guru dan murid kurang maksimal. Beberapa anak kesulitan memahami materi terutama pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dalam rangka membantu para siswa mengurangi kesulitan memahami materi pada mata pelajaran Bahasa Inggris maka diberikan pelatihan aplikasi belajar mandiri untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu persiapan, pengajaran, pelatihan, dan evaluasi. Hasil yang didapat adalah kegiatan PKM Aplikasi Belajar Mandiri bagi siswa SDN Gunung Pasir Jaya memberikan pengaruh yang positif pada siwa dan juga para guru; dan secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi belajar mandiri (Duolingo dan Kahoot) sebagai media pembelajaran yang interaktif selama proses belajar mengajar di rumah (Learning From Home).


Keywords


belajar mandiri, aplikasi, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Atilano M. (2017). Game On: Teaching Research Methods to College Students Using Kahoot!

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.

Iwamoto DH, Hargis J, Taitano EJ, et al. (2017). Analyzing the Efficacy of the Testing Effect Using KahootTM on Student Performance. Turkish Online J Distance Educ 2017; 18: 80–93.

Jumila, Paristiowati, M., Zulhipri, & Alla, E. (2018). Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Web Kahoot dalam Pembelajaran Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 36-41.

Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)

Susilowati E. The Effectiveness Of Kahoot In Supporting Grammar Class On Class A Year I Students Academic Year 2016/2017 Of Diploma III of Nursing Ngudi Waluyo University. In: UNNES-TEFLIN National Seminar. 2017, pp. 136–139.

Wang AI & Lieberoth A (2016). The effect of points and audio on concentration, engagement, enjoyment, learning, motivation, and classroom dynamics using Kahoot. In: European Conference on Games Based Learning. Academic Conferences International Limited, p. 738

Yapıcı İÜ, Karakoyun F. Gamification in biology teaching: A sample of Kahoot application. Turkish Online J Qual Inq; 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats