PENGARUH TEKNIK HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP

Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana, Putri Kumala Dewi

Abstract


Abstract: The research aims to determine the difference of student ability in arranging short story text with and without using Hypnoteaching technique toward short story test arrangement ability of students grade VII. This research is quantitative research with quasi experimental design and used Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this research was students grade VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. The research samples were VII-A and VII-C class. The data collection technique used short story arrangement test, observation, and interview. Instrument validity used in this research are content validity. Reliability test was conducted with alpha cronbach. The result calculation shows the reliability value is in a number of 0,902 > from coefficient 0,6. The data analysis technique was conducted by using T-test technique by considering homogenity and normality terms. The result shows that the lowest score in control group that was 15, the highest score was 25, and mean 20,67. Meanwhile, the lowest score in experimental group that was 21, the highest was 32, and mean 27,73. It shows that there was significant difference of ability in arranging short story between control group and experimental group. T-test score result of pretest and posttest in experimental group was in the value of –tcount< -ttable (-11,599 < -2,048). According to the result, Hypnoteaching technique affect the short story arrangement learning in grade VII.

 

Keywords: Effect, Hypnoteaching technique, short story arrangement ability.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik Hypnoteaching terhadap kemampuan menyusun cerpen siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan ancangan eksperimen semu dan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII-A dan VII-C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menyusun cerpen, observasi, dan wawancara. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Uji reliabilitas dilakukan dengan koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,902 > dari koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik uji-t dengan memerhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol skor terendah yang didapatkan siswa 15, skor tertinggi 25, dan mean 20,67. Sementara itu, pada kelompok eksperimen skor terendah yang didapatkan siswa 21, skor tertinggi 32, dan mean 27,73. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyusun cerpen yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai thitung < -ttabel (-11,599 < 2,048). Berdasarkan hasil tersebut, teknik Hypnoteaching memiliki pengaruh pada pembelajaran menyusun cerpen di kelas VII.

 

Kata kunci: pengaruh, teknik Hypnoteaching, kemampuan menyusun cerpen.


Keywords


pengaruh, teknik Hypnoteaching, kemampuan menyusun cerpen

Full Text:

PDF

References


Hasbullah & Rahmawati E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif, 5(1), 83-90.

Iskandarwassid dan Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Navis, A. A. (2013). Hypnoteaching: Revolusi Gaya Mengajar untuk Melejitkan Prestasi Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prasetio, E. K. (2013). Penerapan Hypnoteaching terhadap Kondisi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 01 Kedawung. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati, Cirebon.

Safitri, D. N. & Purnamasari, N. I. (2017). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HYPNOTEACHING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI II IKIP PGRI BOJONEGORO. Jurnal Edumath, 3(1), 1-8.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan Statistik. Jakarta: Penadamedia Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syuwandi. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 40 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Yustisia, M. (2012). Hypnoteaching: Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats