Penggunaan Alat Peraga Timbangan pada Materi Bilangan Asli dan Kesetimbangan

Tika Karlina Rachmawati, Ehda Farlina, Winda Setya, Tutut Widiastuti A

Abstract


Natural Numbers is one of many Mathematics subjects given in elementary school. One of material that is learned in Natural Numbers is the Numerical Count Operations, Lack of use of teaching aid by the teacher to explain the material Operations to Calculate Natural Numbers makes students not really get what is taught. Therefore, one of the solutions is to conduct training on teaching aidsequilibrium. The purpose of this training is to introduce the concept of equilibrium uses the teaching aid of the scales in the operation of calculating natural numbers in mathematics as it ison equilibrium material in science lessons. This Community service activity use straining methods. It is a training using the teaching aid. This community service that is based on training aimed to grade IIIA and IIB students at MI At Taqwa Rancaekek, Bandung Regency. This activity was done July 31, 2019. On this activity most students already understood the operation of natural numbers is addition, subtraction, multiplication, and equilibrium by using scales. While mistakes that many students did was when students tried the teaching aid, they hung on the beam's position wrong either the right arm or the left arm

Keywords: teaching aid, scales, natural numbers, equilibrium

 

ABSTRAK

Bilangan Asli merupakan salah satu materi mata pelajaran Matematika yang diberikan di SD. Salah satu yang dipelajari pada Bilangan Asli adalah Operasi Hitung Bilangan Asli. Kurangnya penggunaan alat peraga untuk menjelaskan materi Operasi Hitung Bilangan Asli membuat siswa mengalami kebingungan. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah mengadakan pelatihan tentang alat peraga timbangan. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah mengenalkan konsep kesetimbangan dengan menggunakan alat peraga timbangan pada operasi hitung bilangan asli di pelajaran matematika sekaligus pada materi kesetimbangan di pelajaran IPA. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan dengan menggunakan alat peraga timbangan. Pengabdian kepada masyarakat berbasis pelatihan ini ditujukan kepada siswa kelas IIIA dan IIIB MI At Taqwa Rancaekek, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2019. Pada kegiatan ini, sebagian besar siswa sudah memahami operasi bilangan asli yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan kesetimbangan dengan menggunakan alat peraga timbangan. Sedangkan kesalahan atau kekeliruan yang banyak dilakukan siswa adalah pada saat siswa mencoba alat peraga timbangan yaitu kesalahan siswa dalam menggantungkan posisi balok baik di lengan kanan atau lengan kiri.

Kata Kunci: alat peraga, timbangan, bilangan asli, kesetimbangan


Keywords


alat peraga, timbangan, bilangan asli, kesetimbangan

Full Text:

PDF

References


Rachmawati, T. K., Suhendar, Y., & Akbar, R. (2018). Penggunaan Kartu Positif Negatif dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Al-Khidmat , Vol.1, No.1, 59-66.

Sari, R. N. (2018, Juli 10). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Timbangan Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Di Kelas II SDI Al Azhar 15 Pamulang. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta .

Sari, W. M. (2013). Penggunaan Media Timbangan Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus , Vol.1, No.1, 416-427.

Sedyoningrum, Y., & Supeni, S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Timbangan Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pembagian. Jurnal Mahasiswa UNISRI Progdi PGSD , Vol 2, No 2, 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats