Penggunaan Aplikasi Plickers untuk Data Penilaian Formatif di SMA Islam Assa’adah

Authors

  • Devi Yunita Universitas Pamulang, Indonesia
  • Irpan Kusyadi Universitas Pamulang
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Pamulang
  • Shelvi Eka Tassia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1220

Keywords:

Pendidikan, penilaian, teknologi, plickers

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan disengaja serta bertanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa untuk mendewasakan seseorang dan dilakukan secara terus menerus. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menuntut seseorang untuk menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini. Seseorang dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menguasai, memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan segala bentuk informasi dan ilmu pengetahuan yang ada dengan cara berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Plickers merupakan sebuah alat bantu yang digunakan oleh guru untuk memberikan penilaian dan mengumpulkan data dari hasil penilaian secara real- time dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. pemanfaatan plickers oleh guru di lingkungan sekolah masih jarang digunakan. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan mengadakan pelatihan dan praktik mengenai Penggunaan Aplikasi Plickers yang dapat digunakan sebagai alat bantu penilaian data formatif sehingga dapat membantu guru agar dapat menilai jawaban dari siswa/siswi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA Islam Assa’adah yang berlokasi di Tangerang Selatan. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 sampai pukul 16.00. Dengan menggunakan Aplikasi Plickers siswa-siswi kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga dapat motivasi siswa-siswi dalam mengikuti test atau ujian menjadi meningkat dan hasil ujian menjadi lebih baik.

Author Biographies

Devi Yunita, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Irpan Kusyadi, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Shelvi Eka Tassia, Universitas Pamulang

Teknik Informatika

References

Solmaz and Cetin. (2017). Ask-Response-Play_Learn: Students Views on Gamification Interactive Response Systems. Journal of Educational Studies in the World, 7 (3), 28-40.

Hastratudin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (2).

Ahmadi, A. dan Uhbiyati, N. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rivalina, R. (2015). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SDN Cipayung 1, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Jurnal Teknodik. 19 (2).

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Yunita, D., Kusyadi, I., Nurhasanah, N., & Tassia, S. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Plickers untuk Data Penilaian Formatif di SMA Islam Assa’adah. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 95–100. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1220

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.