Pemanfaatan Benda-benda Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Anak Usia Dini

I Wayan Arsana, Made Ayu Anggreni, Sepbianti Rangga Patriani

Abstract


ABSTRACT

In improving the quality of Early Childhood Education, educational facilities, educators and adequate education personnel are needed. One of them is by providing Play Group Learning Materials and Media. Implementation in the field is a problem faced by teachers who are less skilled and creative in the provision of fun Educational Game Tools (APE). The purpose of this PKM activity is to improve the knowledge of the Play Group teachers' knowledge, skills and creativity in implementing Educational Game Tools (APE) in early childhood through training. There are 3 stages of the PKM Implementation Method: the planning stage, the implementation phase, and the assessment phase. The results of this PKM activity are that the training or socialization in the making of the Educational Game Tool can provide a skill experience to the Learning Group teachers and parents in applying Educational Game Tools to Early Childhood. In addition, as a new insight and skills for early childhood to play creative and educational activities.

Keywords: Educational Game Tool, Early Childhood

 

ABSTRAK

Dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan sarana pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan yang memadai. Salah satunya adalah dengan penyediaan Bahan dan Media Pembelajaran Kelompok Bermain. Pada pelaksanaan di lapangan terdapat masalah yang dihadapi yakni guru kurang terampil dan kreatif dalam hal pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE) yang menyenangkan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas guru Kelompok Bermaindalam menerapkan Alat Permainan Edukatif (APE) pada anak usia dini melalui pelatihan. Metode Pelaksanaan PKM ini ada 3 tahap yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Hasil kegiatan PKM ini adalah dengan adanya pelatihan atau sosialiasi dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif dapat memberikan pengalaman keterampilan pada guru Kelompok Belajar dan orang tua dalam menerapkan Alat Permainan Edukatif pada Anak Usia Dini. Selain itu, sebagai wawasan baru dan keterampilan bagi anak usia dini untuk melakukan aktifitas bermain secara kreatif dan edukatif.

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif (APE), Anak Usia Dini


Keywords


Educational Game Tool, Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Anneahira. (2010). Permainan. diambil dari http://anneahira.com/permainan/index.htm

Anggreni, M. A. (2013). “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Tradisional Megala-Gala”. Tesis, PPs Universitas Negeri Jakarta.

Kemendiknas Dirjen Pendidikan Nonformal Dan Informal, Direktorat PAUD. (2010). Pengembangan Pengetahuan Seni Dan Kreativitas Pada Lembaga Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat PAUD.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Tedjasaputra. (2007). Bermain dan Permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats