Pendampingan Siswa SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Authors

  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Tri Ratna Rinayuhani Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2841

Keywords:

Speaking skill, P5, creative dimension

Abstract

ABSTRACT

PKM activity has a background in the creative dimensions of the Pancasila Student Profile strengthening project (P5), which is a phase where you can find out the abilities and needs of students in accordance with learning objectives. Speaking skills with creative dimensions P5 are used as an increase in creative education in speaking skills which can be contributed when speaking. In speaking, one must pay attention to skills, ideas, ideas, actions and flexibility of thinking to develop the abilities possessed by each student. The purpose of the activity is to increase the creative dimensions of students in speaking skills which can understand the topics to be discussed according to the abilities and contexts of each student. The method of implementing this activity uses the lecture method. The results of the activities in this service, students produce original ideas and have flexibility of thinking in finding alternative problems.

 

Keywords: Speaking skill, P5, creative dimension

 

ABSTRAK

Kegiatan PKM ini memiliki latar belakang dimensi kreatif proyek penguatan profil pelajar pencasila (P5) yang merupakan fase dimana dapat mengetahui kemampuan dan kebutuhan peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Keterampilan berbicara dengan dimensi kreatif P5 digunakan sebagai peningkatan pendidikan kreatif dalam kecakapan berbicara yang mana dapat dikonstribusikan saat berbicara. Dalam berbicara harus memperhatikan keterampilan, ide, gagasan, tindakan dan keluwesan berfikir untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa. Tujuan kegiatan untuk peningkatan dimensi kreatif peserta didik dalam keterampilan berbicara yang mana dapat memahami topik yang akan dibicarakan sesuai kemampuan dan konteks yang dimiliki setiap peserta didik. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah. Hasil kegiatan dalam pengabdian ini peserta didik menghasilkan gagasan yang orisinal dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif permasalahan.

 

Kata Kunci: Keterampilan berbicara, P5, dimensi kreatif

Author Biography

Rani Jayanti, Universitas Islam Majapahit

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Arsjad, Midar. (2005). Pembinaan Kemampuan Berbicara bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Gusnayetti. (2021). Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Lisan Bagi Mahasiswa. Ensiklopedia of Journal, 07 (2), 206-213

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.043: Penerbit AngkasA

Meier, D. (2003). The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, (Alih Bahasa, Astuti). Bandung: Kaifa

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face To Face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka

Moleong, Lexy, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. PT Remaja Rosdokarya. Bandung

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Jayanti, R., Rinayuhani, T. R., & Hasanudin, C. (2022). Pendampingan Siswa SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 281–290. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2841

Citation Check