Peningkatan Partisipasi Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Teks Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-I SMA Negeri 06 Semarang

Fernando Arif Saputra, Fita Dwi Damayanti, Evi Chamalah, Sudiyati Sudiyati

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pe-serta didik melalui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI-I di SMA Negeri 06 Semarang. Metode pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan penelitian yang dilakukan dalam pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Agih dan disajikan secara informal. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa partisipasi peserta didik dalam pembelajaran masih rendah. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi refleksi awal, asesmen diagnostik, pemetaan kebutuhan peserta didik, dan penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi konten. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek partisipasi ak-tif dan positif peserta didik. Perasaan senang meningkat sebesar 14,71%, ketepatan pengumpulan tugas naik 14,71%, antusiasme pembelajaran ber-tambah 7,89%, dan partisipasi aktif meningkat sebesar 8,83%. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan partisipasi, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang inklusif dan berpusat pada peserta didik. Strategi ini efektif dalam mengakomodasi kebutuhan, minat, dan gaya belajar individu sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan relevan.
Kata kunci— Berdiferensiasi, Gaya belajar, Guru, Peserta didik, Strategi


Abstract— This study aims to enhance student participation through the implementation of differentiated learning in the Indonesian Language subject for Class XI-I at SMA Negeri 06 Semarang. The research employed Classroom Action Research (CAR). a method conducted within the learn-ing process. The analytical technique used in this study is the Agih meth-od, with results presented informally. Based on initial observations, it was found that student participation in learning was still low. The study ap-plied a qualitative approach within the framework of Classroom Action Research (CAR). Steps undertaken included initial reflection, diagnostic assessment, mapping of student needs, and implementing content-differentiated learning methods.  The research findings revealed signifi-cant improvements in students' active and positive participation. Stu-dents' feelings of enjoyment increased by 14.71%, the accuracy of task submission rose by 14.71%, enthusiasm for learning improved by 7.89%, and active participation grew by 8.83%. This study demonstrates that dif-ferentiated learning not only boosts participation but also fosters an inclu-sive and student-centered learning environment. This strategy effectively accommodates individual needs, interests, and learning styles, creating more engaging and relevant learning experiences.  
Keywords— Differentiated learning, Learning styles, Teachers, Students, Strategy.


Full Text:

PDF

References


Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647.

Fitra Amaliah, Mardiah Djaddar, R. T. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kapota Yudha. 2(3), 1030–1037.

Gea, C. K., Sitorus, P. J., & Simanjuntak, H. (2024). The influence of differentiated learning with a project based learning model on the ability to write poetry texts in phase D (VIII) of middle school pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodel project based learning terhadap kemampuan menulis teks puisi. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 391–401. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index.

Iistika, I., Muliadi, M., & Muin, N. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa kelas x.1 dengan model pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran bahasa Indonesia di era digital SMA Negeri 3 Enrekang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 453–458. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.517.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. In … dan Pembelajaran, Badan ….

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8.

Pebriyandi, & Sari Mardian. (2024). Penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi di sekolah menengah atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 909–918. https://doi.org/10.58230/27454312.532.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung Ke-4, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283.

Rubiyanti1, Agung Pranoto, D. A. (2025). Peningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi melalui pembelajaran berdifrensiasi sesuai gaya belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia 2024- 2025. 1, 170–178.

Sedyoko, A., & Mubasiroh, S. L. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi produk dalam modul ajar teks proposal kegiatan kelas XI SMA Arda Sedyoko. Journal Sadewa, 1(4), 355–362.

Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan model project based learning menulis puisi mahasiswa managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38. https://doi.org/10.30659/j.7.1.38-48.

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Sanata Dharma University Press.

Toharudin Moh, Thian Vizar Putra Yuono Audy, & Nurpratiwiningsih Laellia. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II di SDN Klampok 01. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(5), 282–288. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja.

Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi dan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada materi anekdot untuk siswa SMA. Semantik, 12(1), 61–74. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74.

Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas asesmen diagnostik dalam pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

demo slot pg slot gacor slot gacor