Nilai Sosial dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila s. Chudori dan Implikasinya pada Pembelajaran Novel Kelas XII SMA

Inten Nur Fatonah, Evi Chamalah, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Analisis nilai sosial akan diteliti menggunakan teori Zubaedi yang mengemukakan mengenai nilai sosial yang terdiri dari cinta kasih, tanggung jawab, dan keserasian hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari tokoh yang diamati, sumber data berasal dari novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Kepustakaan Populer Gramedia dengan jumlah halaman yaitu 379 halaman. Data yang diambil berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang merujuk pada nilai sosial. Teknik yang dipakai menggunakan teknik simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Ketika semua data terkumpul, maka proses selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengandung 12 bentuk nilai sosial, sehingga ditemukan sejumlah 163 data yakni mengenai nilai pengabdian, kekeluargaan, tolong-menolong, kepedulian, kesetiaan, rasa memiliki, empati, disiplin, keadilan, kerja sama, toleransi, dan demokrasi. Penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran novel kelas XII SMA. Terdapat banyak sekali nilai sosial yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang nantinya nilai-nilai yang baik tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, rumah, maupun di lingkungan masyarakat.

Kata kunci— nilai sosial, novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori, pembelajaran novel

 

 

Abstract—This study aims to describe social values in the novel Laur Bercerita by Leila S. Chudori. Analysis of social values will be examined using Zubaedi's theory which suggests social values consisting of love, responsibility, and harmony in life. I This study uses a qualitative approach which will produce descriptive data in the form of written words from the characters observed, the data source comes from the novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori which was published in 2017 by the Gramedia Popular Library with a total of 379 pages. The data taken is in the form of words, phrases, clauses, sentences, and paragraphs that refer to social values. The technique used is a listening technique followed by a note taking technique. When all the data is collected, the next process is data analysis which is done by reducing data, presenting data, and then verifying or drawing conclusions. This study contains 12 forms of social values, so that a total of 163 data were found, namely the values of devotion, kinship, mutual help, caring, loyalty, a sense of belonging, empathy, the discipline of justice, cooperation, tolerance, and democracy. This research is applied to class XII novels. SMA There are many social values that can be learned by students which later these good values can be applied in everyday life. whether at school, home or in the community.

Keywords— social value, storytelling novel Laut Bercerita by Leila S. Chudori, learning Novel


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani.1994. Sosiologi: Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Abrams, D., & Hogg, M. A. (Eds). (1999). Social Identity and Social Cognition. Oxford: Blacwell. https://scholar.google.com/scholar?hl+id&as_sdt=0%abrams1999nilaisosial. Diakses pada tanggal 20 Desember 2022.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyani, Irni. "Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Untukmu Imam Rahasiaku Karya Maylan Kokonoka." STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (2020):157-167.https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/STI/article/view/1121 Diakses pada tanggal 29 Januari 2023.

Chamalah, E, & Arsanti, M. 2019. Ecranization from Novel to Movie Friends but Married by Ayudia Bing Slamet and Ditto Percussion. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 2 (5), 211-219 https://al-kindipublisher.com/index.php/ijllt/article/view.583. Diakses pada 5 Desember 2022.

Damono, Sapardi Djoko. 2003. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Farida, N., & Andalas, E. F. 2019. Representasi Kesenjangan Sosial-Ekonomi Masyarakat Pesisir Dengan Perkotaan Dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramodya Ananta Toer. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://ejournal.umm.ac.id. Diakses pada tangga 15 Maret 2023.

Faqihuddin S, et al. 2017. Gaya Bagasa Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tentang Gaya Bahasa Di SMA Kelas X.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 5 Nomor 1 (Januari-Juni) https://jurnal.unissula.ac.id/index/php.ipbsi/article/view/2095. Diakses pada 20 Desember 2022

Febriana, E. 2018. Nilai–nilai Sosial yang Tercermin dalam Novel Chinmoku Karya Shusaku Endo. Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). https://core.ac.uk/download/pdf/162024951.pdf. Diakses pada tanggal 7 Januari 2023.

Hamalik, O., (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, E. D., & Soleh, D. R. (2018). Nilai Sosial Budaya Dan Nasionalisme Dalam Novel Burung-Burung Manyar Karya Yb. Mangunwijaya. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-15. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3365. Diakses pada tanggal 29 Januari 2021.

Ighfirlana, A. 2021. Nilai Sosial dalam Novel Ayahku Bukan Pembohong Karya Tere Liye dan Implikasinya pada Pembelajaran Analisis Isi Novel SMA Kelas XII (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung). http://repository.unissula.ac.id/21488/. Diakses pada tanggal 26 Desember 2022.

Kartajaya, H. 2004. Hermawan Kertajaya on Positioning. Mizan Pustaka.

Khotimah, Siti Nur. 2020. Kajian Nilai Sosial dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jakarta. Skripsi. UHAMKA. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14078/1/FKIP_PBSI_1601045033_SI TI%20NUR%20KHOTIMAH.pdf. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023.

Kurniadi, Aluisius Titus. 2019. “Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye dan Implementasinya.” Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/33180/2/121224021_full.pdf. Diakses pada tanggal 28 Januari 2022.

Melati, I. K. 2019. Kritik Sosial dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2). http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3201. Diakses pada tanggal 11 Januari 2023.

Mudamakin, Petry Jelya. 2018. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana. Malang: Universitas Islam Malang. https://library.unisma.ac.id/slims¬unisma/index.php?p=show_detail&id=29637. Diakses pada tanggal 28 Desember 2022.

Muna, A. L. 2019. Analisis Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Cinta Dua Kodi Karya Asma Nadia (Doctoral dissertasion, University of Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac,id/46083. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nisak, K., & Anggraini, P. 2020. Kritik Sosial dalam Novel" Anak-Anak Tukang" Karya Baby Ahnan. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 146154. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/990. Diakses pada tanggal 11 Januari 2023.

Nurgiantoro, Burhan. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. 2019. Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19-32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/31153. Diakses pada tanggal 28 Desember 2022.

Priyatni, Endah Tri. 2012. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi. Kritisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purnomo, S., & Waluyo, W. 2014. Analisis Peran Guru Dalam Menanamkan Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Pengkadan). Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 56-65. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/128. Diakses pada tanggal 22 Desember 2022.

Restu. 2021. Macam Unsur Ekstrinsik Novel dan Karakteristiknya. Jakarta. Gramedia Digital. https://www.gramedia.com/best-seller/unsur-ekstrinsik-novel/amp/. Diakses pada tanggal 19 Januari 2023.

Robingah, S., Hasyim, N., &Sunanda, A. (2013). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basin: tinjauan sosiologi sastra dan implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA (Doctoral dissertsion, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://scholar.google.com/Reven+Robingah+2013+bahasaindonesianilaisosial. Diakses pada tanggal 23 Desember 2022.

Rohma, Rikha, Evi Chamalah, and Turahmat. "Nilai moral pada cerpen rindu kami bertemu di tahajud karya asma nadia dengan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMA pgri demak tahun ajaran 2017." Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 6.2 (2018):172-186. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/2596 Diakses pada tanggal 29 Januari 2023.

Sari, Novita Linda, Emi Agustina, and Bustanuddin Lubis. 2019. "Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra." Jurnal Ilmiah Korpus 3.1 (2019): 55-65. https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/7346. Diakses pada tanggal 28 Januari 2023.

Setiawan, M. R. A., Ghufroni, G., & Budiana, N. 2022. Campur Kode Dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 506-514. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2523. Diakses pada tanggal 19 Desember 2022.

Suharianto. 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Shinta, Y. D., Chamalah, E., & Arsanti, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan Media Video Animasi Peristiwa Sosial Bermuatan Pendidikan Multikultural untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 1(2), 59-71. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/2299. Diakses pada tanggal 26 Desember 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.