Diplomasi Bahasa dan Budaya Indonesia melalui Program Cultura: Studi Kasus Program BIPA di Universitas Islam Sultan Agung

Evi Chamalah

Abstract


Abstrak— Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), baik di dalam maupun luar negeri, semakin mendapat perhatian yang signifikan. Hal serupa juga dapat ditemui dalam konteks program BIPA di Universitas Islam Sultan Agung. Program BIPA di Unissula tidak hanya terbatas pada Mata Kuliah BIPA di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, melainkan juga menjadi salah satu keunggulan program di bawah naungan UPT Bahasa dan UPT Kerjasama Unissula. Pada tahun 2022 dan 2023, UPT Bahasa Unissula meluncurkan program Cultura, sebuah program BIPA yang diselenggarakan secara gratis. Program ini diikuti oleh 39 peserta dari 16 negara pada tahun 2022 dan meningkat menjadi 54 peserta dari 10 negara pada tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada deskripsi pelaksanaan program Cultura di Unissula. Teknik analisis data yang diterapkan adalah teknik kajian isi. Dalam pelaksanaannya, diplomasi bahasa dan budaya tampak melekat dalam setiap tahapan program BIPA Cultura, mulai dari pembukaan program, proses pembelajaran, hingga penutupan program. Interaksi yang terjalin antara panitia, pengajar, sahabat BIPA, dan peserta BIPA menunjukkan keberhasilan diplomasi budaya yang diwujudkan melalui pertukaran bahasa dan pemahaman antarbudaya. Lebih lanjut, bentuk diplomasi budaya ini diperkuat melalui kegiatan seperti perlombaan membaca puisi dan menyanyikan lagu nasional atau lagu daerah dari Indonesia.

Kata kunci—diplomasi bahasa dan budaya, BIPA, program Cultura

 

Abstract— Teaching Indonesian for Foreign Speakers (BIPA), both at home and abroad, is increasingly receiving significant attention. Similar things can also be found in the context of the BIPA program at Sultan Agung Islamic University. The BIPA program at Unissula is not only limited to BIPA courses in the Indonesian Language and Literature Education Study Program, but is also one of the advantages of the program under the auspices of the Unissula Language UPT and Unissula Cooperation UPT. In 2022 and 2023, Unissula Language UPT launches the Cultura program, a BIPA program which is held free of charge. This program was attended by 39 participants from 16 countries in 2022 and will increase to 54 participants from 10 countries in 2023. The research method used in this research is descriptive qualitative, with a focus on describing the implementation of the Cultura program at Unissula. The data analysis technique applied is the content study technique. In its implementation, language and cultural diplomacy appears to be inherent in every stage of the BIPA Cultura program, starting from the opening of the program, the learning process, to the closing of the program. The interaction between the committee, teachers, BIPA friends and BIPA participants shows the success of cultural diplomacy which is realized through language exchange and intercultural understanding. Furthermore, this form of cultural diplomacy is strengthened through activities such as poetry reading competitions and singing national or regional songs from Indonesia.

Keywords— language and cultural diplomacy, BIPA, Cultura program


Full Text:

PDF

References


Adenarsy Avereus Rahman, Ahmad Bahtiar. 2017. Diplomasi Budaya Indonesia Berbasis Folklor Lisan dalam Pengajaran BIPA. Kongres Bahasa Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/9942/1/dokumen_makalah_1540519633.pdf

Aldrian. 2016. Diplomasi Kebudayaan Jepang Terhadap Indonesia dalam Kerangka Japan-Indonesia Partnertship Agreement Tahun 2012-2015. Jurnal FISIP. 3(1):1-15. https://www.neliti.com/publications/33014/diplomasi-kebudayaan-jepang-terhadap-indonesia-dalam-kerangka-japan-indonesia-pa

Aprilyansyah, A. 2018. Upaya Indonesia dalam Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional. Global Political Studies Journal, 88-100. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/gps/article/view/2025

Azizah, Siti Nur, et al. 2022. The Sodan Tengger Tradition as a Tool for Indonesian Cultural Diplomacy through BIPA Learning. Diglosia, Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(3):619-630. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/441

Bodgan et al. 2007. Qualitative Research for Education, an Introduction to Theories and Method. Pearson.

Faiza Ndaya Nur, Aelina Surya dan Inke Hilarie Dinesia. 2020. Diplomasi Budaya Indonesia melalui Program Kelas Bahasa dalam Upaya Memperkenalkan Indonesia di Laos Tahun 2016-2020. Global Political Studies Journal, 4 (2): 127-152. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/gps/article/view/5878/2731

Kemdikbud. 2023. Kelas BIPA KBRI Paris Semester 1 Tahun 2023 Resmi Dibuka. Badan Bahasa, Kemdikbud: Jakarta. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/kelas-bipa-kbri-paris-semester-i-tahun-2023-resmi-dibuka

Khatrunada, Siti Afifah dan Gilang Nur Alam. 2019. Diplomasi Budaya Indonesia melalui International Gamelan Festival 2018 di Solo. Padjajaran Journal of International Relations, 1(2):104-121. https://jurnal.unpad.ac.id/padjir/article/view/26125

Peter, Mahmud Marzuki. 2006. Penelitian Hukum. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Raharja, Christina Savira dan Reza Prima Yanti. 2023. Diplomasi Budaya Indonesia melalui Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Laos Tahun 2016-2022. Jurnal Pena Wimaya, 3(2):1-26.

Rachman, Adenarsy Avereus dan Ahmad Bahtiar. 2017. Diplomasi Budaya Indonesia Berbasis Folklor Lisan dalam Pengajaran BIPA. Makalah Kongres Bahasa Indonesia. 1-17. https://repositori.kemdikbud.go.id/9942/1/dokumen_makalah_1540519633.pdf

Sapanti, Intan Rawir. 2012. Diplomasi Bahasa dan Budaya Indonesia melalui Program Darmasiswa RI: Studi Kasus Implementasi Program Darmasiswa RI di Universitas Ahmad Dahlan. Prosiding Narasi Jilid III-286-297.pdf (uad.ac.id). https://eprints.uad.ac.id/39312/3/Prosiding%20Narasi%20Jilid%20III-286-297.pdf

Sugiyono, Andre. 2022. Gelar Inspira Talk, Cilad Unissula Hadirkan Content Creator Internasional. 18 Juli 2022. https://cilad.unissula.ac.id/news/gelar-inspira-talk-cilad-unissula-hadirkan-content-creator-internasional/

Suyitno, Imam. 2007. Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia. 9(1): 62-78. http://wacana.ui.ac.id/index.php/wjhi/article/view/223

Siroj, Badrus. 2015. Pengembangan Model Integratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya Berbasis ICT Bagi Penutur Asing Tingkat Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4 (2): 74-84. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/11305

Sudaryanto. 2015. Pengenalan Budaya Indonesia Bagi Siswa BIPA Tiongkok Melalui Materi Ajar Nasi Kuning dan Perkedel: Kasus Di Universitas Kebangsaan Guangxi. Prociding of International Conference. Volume 2. Universitas Islam Sultan Agung.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

Widianto, Eko. 2016. “Budaya Lokal Joglosemar Dalam Pembelajaran Membaca-Menulis Bagi Pembelajar BIPA Tingkat Dasar.” Prosiding SEMAR (Seminar Kepakaran) BIPA. Volume 1. APPBIPA Jawa Tengah. Hal 102-108.

Widianto, Eko. 2018. Diplomasi Bahasa dan Budaya Indonesia melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kelas Budaya di Universitas Sousse Tunisia. 3(1): 17-22. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca.

Widianto, Eko dan Sofi. 2022. Diplomasi Program BIPA melalui Kuliner Tradisional: Subuah Studi Kasus di Universitas Ezzitouna, Tunisia. Jurnal Dialektika, 9(2): 149-159. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/28263/pdf

Yin, R.K. 2011. Qualitative Research:From Start to Finish. New York: The Guilford Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.