Gaya Bahasa pada Album “Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya” Nadin Amizah: Kajian Stilistika

Intan Rahayu Widyaning Tyas, Evi Chamalah

Abstract


abstrak— Latar belakang dari tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi gaya bahasa yang diterapkan dalam sejumlah lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ragam gaya bahasa yang terdapat dalam teks lirik lagu album “Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya” karya Nadin Amizah. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, yang memiliki tujuan untuk menggambarkan gaya bahasa yang termuat pada album “Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya” karya Nadin Amizah. Metode penelitian analisis isi menggunakan metode baca-catat. Hasil penelitian dari analisis gaya bahasa pada album Nadin Amizah adalah bahwa pada album lagu “Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya”, terdapat berbagai gaya bahasa yang diidentifikasi sebagai berikut: 8 gaya bahasa pertentangan, 9 gaya bahasa perbandingan, 2 gaya bahasa pertautan, dan 8 gaya bahasa pengulangan.

Kata Kuncilirik lagu, stilistika, gaya bahasa

 

Abstract— The background to the research objective is to identify the language styles applied in a number of songs. This research aims to explain the various language styles contained in the lyric text of the album "For the World, Love and Dirt" by Nadin Amizah. The research method applied is descriptive qualitative, which aims to describe the language style contained in the album "For the World, Love and Dirt" by Nadin Amizah. The content analysis research method uses the reading-note method. The results of research from the analysis of language styles on Nadin Amizah's album are that on the album song "for the world, love, and dirt", there are various language styles identified as follows: 8 conflicting language styles, 9 comparative language styles, 2 linkage language styles, and 8 repetition language styles.

Keywords song lyrics, stylistics, language style


Full Text:

PDF

References


Adi S, Susilo. (2010). Gaya Bahasa (Stilistika dan Unsur Retorika).

Adriana, M., & Manaf, N. A. (2022). Afiks pembentuk verba dalam Bahasa Mentawai di desa Sirilogui Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Persona: Kajian Bahasa dan Sastra, 1(2), 161-168. https://doi.org/10.24036/jpers.v1i2.60.

Album Ego dan Fungsi Otak. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 1(2), 46-55. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljlel/article/view/90.

Andriani, A. (2023). Analisis gaya bahasa ditinjau dari kajian stilistika pada kumpulan lagu karya Suparman Sopu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(3), 162-170. https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i3.531.

Istiqomah, U., Dewi, R., & Nugroho, A. (2021). Analisis diksi dan gaya bahasa lagu Band Fourtwnty Album Ego dan Fungsi Otak. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 1(2), 46-55. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljlel/article/view/90.

Keraf, G. (2006). Diksi dan gaya bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (Puisi, prosa, drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.

Putri, D. A., Pelawi, R., & Febriana, I. (2023). Analisis gaya bahasa sarkasme pada lirik lagu iwan fals berjudul “Bongkar”. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01), 17-22. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2247.

Pitri, I. A. 2023. Lirik Lagu Album Nadin Amizah untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya. https://www.pohonketelamenulis.com/search?q=rayuan+perempuan+gila#google_vignette , diakses pada tanggal 3 Desember 2023.

Suprapto. Kumpulan Istilah Sastra dan Apresiasi Sastra. Jakarta: Dian, 1991.

Suryaningsih, L. (2021). Analisis penggunaan gaya bahasa sarkasme pada lirik lagu Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 274-280. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.92 .

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran gaya bahasa. Bandung: Angkasa

Vidianto, Agung Sirajuddin. 2010. Majas Pertautan. Diunduh pada 1 November 2023 Pukul 16:34 WIB dari http://matulessi.wordpress.com/author/matulessi/page/7/.

Zaimar, O. K. S. (2002). Majas dan pembentukannya. Makara human behavior studies in Asia, 6(2), 45-57. https://doi.org/10.7454/mssh.v6i2.38.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.