Implementasi metode mozaik untuk mengenalkan huruf vocal pada anak tunagrahita ringan

Milatul Zulfa, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Abstract: This research aims to determine the implementation process or the application of the mosaic method in introducing vowels for mildly retarded children who are in grade 1 at Giwangan Elementary School in Yogyakarta. In addition, this research also aims to determine the changes that occur in mildly retarded students after using the mosaic method in learning Indonesian, specifically to introduce vowels. This research uses qualitative methods with descriptive qualitative research. The subjects in this research ware 1st grade of mildly retared student. The object of this research is the application of the mosaic method as a solution to introduce vowels in mildly retarded children. The data collection techniques used observation, interviews, documentation, and field notes. The results of this research indicate that by using the mosaic method in learning the introduction of vowels in mild retarded children is actually feeling very enthusiastic and have a spirit of learning rather than by using methods that have been previously applied. In addition, the subject was very happy and painstaking with little by little sticking pieces of paper that were pasted and arranged to be a letter in question.

 

Keyword: Mosaics, vowels, mildly retarded.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi atau penerapan metode mozaik dalam mengenalkan huruf vocal untuk anak tunagrahita ringan yang terdapat di kelas 1 SD Giwangan Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada siswa tunagrahita ringan setelah menggunakan metode mozaik dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang khususnya untuk mengenalkan huruf vocal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Tunagrahita Ringan kelas 1. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode mozaik sebagai solusi mengenalkan huruf vocal pada anak Tunagrahita Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode mozaik dalam pembelajaran pengenalan huruf vocal pada anak tunagrahita ringan adalah justru merasa sangat antusias dan memiliki semangat belajar dari pada dengan menggunakan metode-metode yang sudah diterapkan sebelumnya. Selain itu subjek juga sangat senang dan telaten dengan sedikit demi sedikit menempelkan potongan-potongan kertas kecil yang ditempelkan dan disusun agar menjadi sebuah huruf yang dimaksud.

 

Kata kunci: Mozaik, huruf vocal, Tunagrahita Ringan


Keywords


Mozaik, huruf vocal, Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: diakses tanggal 18 Desember 2019 pukul 14.00).

Agus Hariyanto. (2009). Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press. diakses tanggal 19 Desember 2019 pukul 16.00).

Aninditya S.N, Rifka K.N. (2016). Studi Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Berkesulitan Menulis (Dysgraphia) DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA.Jurnal LITERASI, Volume VII.

Carol, Seefeldt. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT. Indeks. (diakses 18 Desember 2019 pukul 08.01).

Dardjowidjojo, Soenjono (2003). Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Elber, Gershondan Wolberg, George. (2003). Rendering Traditional Mosaics. The Visual Computer: http://www-cs.ccny.cuny.edu/~wolberg/pub/vc0. (diakses 18 Desember 2019 pukul 13.01).

Fajrina, Ridha, dkk. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Laptop Mainan Anak Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas Ii Di Slb Perwari Padang. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, E-JUPEKhu). Hlm. 610

Fitriani. (2018). Jurnal Tesis Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Anak Usia Dini Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar. “Pengembangan Media Pembelajaran Mozaik untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini,Makassar.

Gusnita, Elvira dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Alphabet Book Di Taman Kanak-kanak. (Kediri: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education,).

Kustawan, Dedy. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta Timur: Luxima.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, Tri Olivia dkk.( 2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Melalui Metode Jarikubaca Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB N Manggis Ganting Bukit Tinggi. (e-jupekhu (jurnal ilmiah pendidikan khusus,).

Peraturan Menteri Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Keceradasan dan/ atau Bakat Istimewa, hlm. 1.

Pebriani. (2012). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Agam. (Jurnal Pesona PAUD, Vol.1.).

Pamadhi, Hajar & Sukardi S, Evan. 2016. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. (diakses 19 Desember 2019 pukul 08.01)

Stanco, F., Battiato, S., & Gallo, G. (2011). Digital imaging for cultural heritage preservation: Analysis, restoration,and reconstruction of ancient artworks. CRC. diakses pada 19 Desember 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumantri, Drs MS. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,Dirjen Dikti.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats