IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENUGASAN AKTIVITAS DI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Fitri Kurniasari

Abstract


Abstract: Scientific Approach Implementation On Task Activity In Indonesia Language Text  Book For Seventh Grade Students Based On Curriculum 2013.This research aims to: (1) know the steps of “Scientific Approach†which are reflected on the tasks based on complete steps, (2) know the steps of “Scientific Approach†which are reflected on the tasks based onthe sequence steps. The research design used in this research is content analysis. The main  instrument in this research is human instrument. The research data is collected with “simak†method with tecqnique “baca†and “catatâ€. The data analysis is done using distributional method with tecqnique “pemilahan†based on catagory. The research reveals two findings. First, based on the complete steps, there found complete and incomplete task step. Second, based on sequence steps, there are sequence task and not sequence task.

Keyword: activity task, text book, scientific approach

Abstract: Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Dibuku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan kelengkapan langkah, (2) mengetahui penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan urutan langkah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrument. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan teknik pemilahan data berdasarkan katagori tertentu. Penelitian menemukan dua hasil yang  terdapat dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai berikut. Pertama, berdasarkan katagori kelengkapan langkah, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah secara lengkap dan tidak lengkap. Kedua, berdasarkan katagori urutan langkah, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah secara urut dan tidak urut.

Kata kunci: penugasan, buku teks, pendekatan saintifik   


Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin. 2001. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran dan asesmen. New York: MK Company (Judul buku asli: A Taxonomy for Learning, Teaching and assesing: A revision of Bloom Taxonomy of educational Objective, 1956, diterjemahkan Agung Prihantoro).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Chapman, Carolyn. 2011. Differentited instruction in literacy, math & science. California: Thousand Oak

Choong, Philip. (2008). Task complexity and linguistic complexity: an exploratory study (Versi Electronik). Journal TESOL and Applied Linguistic, Vol.11, 1-25.

Clark, Richard. (2006). Cognitive task analysis. Diambil tanggal 20 Maret 2015, dari http: //www. usc. edu/ dept/ education/ cogtech/ publications/ clark_ etal_ cognitive_ task _ analysis_ chapter. pdf

Clark, Richard E. (1996). Cognitive task analysis for training. International Journal of Educational Research. 25(5). 403-417.

Cohen, Louis. 2007. Research methode education. New York: Madison Avenue

Franzone, E. (2009). Overview of task analysis. Madison, WI: National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders, Waisman Center, University of Wisconsin. Diambil pada 21 Maret 2015 dari http: //autismpdc. fpg. unc. edu/ sites/ autismpdc. fpg. unc. edu/ files/ Task Analysis_ Overview_ 0.pdf

Handayani, Sri. (2014). The readability of science: student's book for junior high school year viii viewed from the lexis and grammatical aspects (A Content Analysis of Science Lesson of Junior High Schools of Surakarta) International Journal of Linguistics, Vol. 6.1 , 12-25

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Johnson, W. David. 2012. Colaborative learning, strategi pemebelajaran untuk sukses semua. Virginia: Alexandria (Judul asli The Ne circle of learning. Diterjemahkan Narulita Yusron, 2004).

Kalayci, Nurdan. (2014). An analysis of citizenship and democracy education text

book in the context of gender equality and determining students' perceptions on gender equality. ProQuest Education Journal, Vol. 14, 1065-1074.

KBBI. 2008. Kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia wahana pengetahuan. Jakarta: Kemdikbud

Kemp, Jerrold. 1994. Proses perancangan pengajaran. (Terjemahan Asril Marjohan). New York: East Street NY (Judul asli The Instructional Design Process, 1985).

Kunandar. 2013. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo

Price, Leah. (2007). The look of reading: book, painting, text. ProQuest Education Journal, Vol. 49 531-532

Soegiyono. 2008. Metode penelitian kualitatif, kuantitaif dan r&d. Bandung: Alfa Beta

Syamsi, Kastam, et.al (2013). Pengembangan model buku ajar membaca berdasarkan pendekatan proses bagi siswa smp. Journal Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1

Tarigan, H.G. 1986. Telaah buku teks

bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Welty, Gordon. (2007). Strategy and tactics of task analysis. Journal of GXP Compliance, Vol. 11, No. 3, pp. 26-34

Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan penelitian analisis konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats