IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENUGASAN AKTIVITAS DI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Abstract: Scientific Approach Implementation On Task Activity In Indonesia Language Text  Book For Seventh Grade Students Based On Curriculum 2013.This research aims to: (1) know the steps of “Scientific Approach†which are reflected on the tasks based on complete steps, (2) know the steps of “Scientific Approach†which are reflected on the tasks based onthe sequence steps. The research design used in this research is content analysis. The main instrument in this research is human instrument. The research data is collected with “simak†method with tecqnique “baca†and “catatâ€. The data analysis is done using distributional method with tecqnique “pemilahan†based on catagory. The research reveals two findings. First, based on the complete steps, there found complete and incomplete task step. Second, based on sequence steps, there are sequence task and not sequence task.
Keyword: activity task, text book, scientific approach
Abstract: Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Dibuku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan kelengkapan langkah, (2) mengetahui penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan urutan langkah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrument. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan teknik pemilahan data berdasarkan katagori tertentu. Penelitian menemukan dua hasil yang terdapat dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai berikut. Pertama, berdasarkan katagori kelengkapan langkah, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah secara lengkap dan tidak lengkap. Kedua, berdasarkan katagori urutan langkah, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah secara urut dan tidak urut.
Kata kunci: penugasan, buku teks, pendekatan saintifik  Â
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin. 2001. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran dan asesmen. New York: MK Company (Judul buku asli: A Taxonomy for Learning, Teaching and assesing: A revision of Bloom Taxonomy of educational Objective, 1956, diterjemahkan Agung Prihantoro).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Chapman, Carolyn. 2011. Differentited instruction in literacy, math & science. California: Thousand Oak
Choong, Philip. (2008). Task complexity and linguistic complexity: an exploratory study (Versi Electronik). Journal TESOL and Applied Linguistic, Vol.11, 1-25.
Clark, Richard. (2006). Cognitive task analysis. Diambil tanggal 20 Maret 2015, dari http: //www. usc. edu/ dept/ education/ cogtech/ publications/ clark_ etal_ cognitive_ task _ analysis_ chapter. pdf
Clark, Richard E. (1996). Cognitive task analysis for training. International Journal of Educational Research. 25(5). 403-417.
Cohen, Louis. 2007. Research methode education. New York: Madison Avenue
Franzone, E. (2009). Overview of task analysis. Madison, WI: National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders, Waisman Center, University of Wisconsin. Diambil pada 21 Maret 2015 dari http: //autismpdc. fpg. unc. edu/ sites/ autismpdc. fpg. unc. edu/ files/ Task Analysis_ Overview_ 0.pdf
Handayani, Sri. (2014). The readability of science: student's book for junior high school year viii viewed from the lexis and grammatical aspects (A Content Analysis of Science Lesson of Junior High Schools of Surakarta) International Journal of Linguistics, Vol. 6.1 , 12-25
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Johnson, W. David. 2012. Colaborative learning, strategi pemebelajaran untuk sukses semua. Virginia: Alexandria (Judul asli The Ne circle of learning. Diterjemahkan Narulita Yusron, 2004).
Kalayci, Nurdan. (2014). An analysis of citizenship and democracy education text
book in the context of gender equality and determining students' perceptions on gender equality. ProQuest Education Journal, Vol. 14, 1065-1074.
KBBI. 2008. Kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia wahana pengetahuan. Jakarta: Kemdikbud
Kemp, Jerrold. 1994. Proses perancangan pengajaran. (Terjemahan Asril Marjohan). New York: East Street NY (Judul asli The Instructional Design Process, 1985).
Kunandar. 2013. Penilaian autentik (penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo
Price, Leah. (2007). The look of reading: book, painting, text. ProQuest Education Journal, Vol. 49 531-532
Soegiyono. 2008. Metode penelitian kualitatif, kuantitaif dan r&d. Bandung: Alfa Beta
Syamsi, Kastam, et.al (2013). Pengembangan model buku ajar membaca berdasarkan pendekatan proses bagi siswa smp. Journal Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Tarigan, H.G. 1986. Telaah buku teks
bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Welty, Gordon. (2007). Strategy and tactics of task analysis. Journal of GXP Compliance, Vol. 11, No. 3, pp. 26-34
Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan penelitian analisis konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.