Efektifvitas Eksistensi Madrasah Dinniyyah Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kepribadian Santri

Acep Nurlaeli, Khalid Ramdhani, Jaenal Abidin

Abstract


Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan lembaga Pendidikan Agama Islam non formal yang diselenggarakan di setiap daerah sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan formal. Meski secara factual eksitensinya belum banyak menyita perhatian masyarakat secara luas dan masih dipandang sebelah mata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang efektivitas Madrasah Diniyah Takmiliyyah terhadap kepribadian   santri di majelis taklim Darul Huffaz Jayamakmur Batujaya Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Efektivitas Eksistensi Madrasah diniyah terhadap terhadap kepribadian   santri 2. Efektivitas kompetensi kepribadian guru terhadap santri. 3. Efektivitas Eksistensi Madrasah diniyah  dan kompetensi kepribadian guru terhadap kepribadian santri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan menunjukan bahwa: 1. Eksistensi Madrasah Dinyyah berefektivitas terhadap kepribadian santri dengan koefisien deteminasi 14,82%. 2. Kompetensi kepribadian guru berefektivitas terhadap santri dengan koefisien determinasi 34,69%. 3. Eksistensi Madrasah Dinyyah dan Kompetensi kepribadian guru berefektivitas terhadap santri dengan koefisien determinasi 35,16%. Hasil ini memberikan pengertian bahwa keterkaitan kedua variable berefektivitas positif dan signifikan terhadap kepribadian santri.

Keywords


Madrasah Dinyyah, Kompetensi Kepribadian, Santri

Full Text:

PDF

References


Aan Habib Ardhiansyah, A. H. A. (2022). ..(Tambahkan Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi, Upload Ulang).. Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ali Adam Coper Jetis Ponorogo). Iain Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/Id/eprint/21727

Abdullah, M. A. (2017). Islamic Studies In Higher Education In Indonesia: Challenges, Impact And Prospects For The World Community. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 55(2), 391–426. https://doi.org/10.14421/Ajis.2017.552.391-426

Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/Edukatif.V4i1.2008

Al Jumhuri, M. A., & Fatmawati, F. (2023). Pendampingan Pengelolaan Di Lembaga Diniyah Islamiyah Adam Institute Dusun Numpeng–Desa Jago Kecamatan Praya Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Amin, 1(1), 24–40. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/23

Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347–367. https://doi.org/10.37274/Rais.V4i02.346

Alhamuddin, A., Aziz, H., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development Untuk Meningkatkan Konpetensi Profesional Guru Madrasah Di Era Industri 4.0. International Journal Of Community Service Learning, 4(4), 321–331. https://doi.org/10.23887/Ijcsl.V4i4.29109

Anam, M. K. (2022). ..(Lengkapi Stempel Pada Lembar Persetujuan, Upload Ulang)... Kepemimpinan Dalam Pengembangan Program Character Building Santri Di Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan. Iain Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19840

Anggraini, S. D., Hamengkubuwono, H., & Arsil, A. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Kat Kecamatan Curup Tengah Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. Iain Curup. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2980

Basid, A. (2018). Integrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah Ke Sekolah Di Kota Cirebon. Penamas, 31(1), 65–82. https://doi.org/10.31330/penamas.V31i1.162

Brooks, M. C., & Mutohar, A. (2018). Islamic School Leadership: A Conceptual Framework. Journal Of Educational Administration And History, 50(2), 54–68. https://doi.org/10.1080/00220620.2018.1426558

Diastuti, T. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Diniyah Di Madrasah Diniyah Awaliyah Ma’arif Mrican Jenangan Ponorogo. Iain Ponorogo.

Famularsih, S., Nuryatin, A., Handoyo, E., & Fitriati, S. W. (2022). Facility And Infrastructure Management At The International Class Program Of The State Islamic University In Indonesia. Journal Of Social Studies Education Research, 13(4), 291–307.

Fathurrochman, I., Sholeha, F., Dhania, R., & Ferbi Yanti, Y. (2022). Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di Mts Alhidayah Muara Telang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1347–1362. https://doi.org/10.47492/eamal.V2i2.1580

Khoiriah, K., & Zulmuqim, Z. (2021). Analisis Konseptual Manajemen Mutu Di Madrasah Dan Pondok Pesantren. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 65–79. https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14766

Luthfi, R. (2020). Evaluasi Kebijakan Full Day School Terhadap Eksistensi Madrasah Diniyah. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 155–164. Https://Doi.Org/10.33507/Cakrawala.V4i1.186

Mastiyah, I. M., & Lisyawati, E. (2022). Model Penyelenggaraan Program Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (Man Ic) Pekalongan Jawa Tengah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(1), 59–78. https://doi.org/10.32729/edukasi.V20i1.1123

Munib, A., Haris, A., & Lutfiani, N. (2022). Efektivitas Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Pada Pembentukan Karakter Santri Putri Di Pondok Pesantren Al-Abror Blumbungan Larangan Pamekasan. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(2), 131–149. https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1518

Musaropah, U. (2018). Kharisma Kyai Dalam Organisasi Pendidikan Pesantren Tradisional. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 141–155. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.V8i2.193

Mustafidah, A. (2021). Interaksi Edukatif Dalam Pembelajaran Metode Yanbua Di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-Ien Kayuhan Kulon. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 186–207. http://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/52

Ni’mah, I. N., Zamzami, M. I., Nasiruddin, N., & Uzza, H. U. (2023). Evaluasi Kurikulum Qawa’id Dengan Model Cipp Di Madrasah Diniyyah Salafiyyah 4 Al-Munawwir Krapyak. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 98–112. https://doi.org/10.46963/Asatiza.V4i2.853

Setyawan, M. A. (2019). Uu Pesantren: Local Genius Dan Intervensi Negara Terhadap Pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 19–40. https://doi.org/10.14421/Manageria.2019.41-02

Sidiq, U., & Widyawati, W. (2019). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Ponorogo: Cv. Nata Karya.

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal Di Smp Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/Palapa.V7i2.358

Syuhada, M. I. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Tentang Materi Haji Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas V Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Pondok Pesanten Darul Huda Mayak Ponorogo. Iain Ponorogo.

Wahyudi, I. (2021). Gaya Dan Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri. Jurnal Tadzakkur, 3(2), 99–120. https://doi.org/10.57113/Taz.V3i2.291

Yaqin, H. (2021). Pembelajaran Madrasah Diniyah Di Kalimantan Selatan. Lafadz Jaya. https://doi.org/10.46963/Asatiza.V4i2.853

Yusuf Hanafiah. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, Dan Political Action. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–61. https://doi.org/10.54396/Alfahim.V2i1.69




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats