Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Nano Sukmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa PGSD terhadap fasilitas, dosen dan pelayanan akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Langlanbuana. Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Sekolah Tinggi (ST) yang sangat banyak sehingga membuat persaingan antar prodi dalam hal ini fakultas menjadi semakin ketat dan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana. Sampel pada penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2018 yang diambil secara proportional random sampling. Instrument penelitian berupa angket kepuasan mahasiswa terhadaf fasilitas, dosen dan pelayanan akademik. sebelum digunakan angket divalidasi oleh yang berkompeten untukdan untuk pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase.

Keywords


Kepuasan Mahasiswa, PGSD, fasilitas dan pelayanan akademik

Full Text:

PDF

References


Aqip, M. A. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terkait Kinerja Pembelajaran Daring Oleh Dosen Via Aplikasi Whatsapp Grup. Indonesian Journal Of Humanities And Social Sciences, 1(3), 141–153. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33367/Ijhass.V1i3.1454

Bernanda, D. Y., Yohanes, A., Seputro, J. S., & Andry, J. F. (2019). Analisis Sistem Krs Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Xyz Menggunakan Metode Utaut. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 124. Https://Doi.Org/10.33365/Jti.V13i2.237

Budiarti, E. M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik, Dan Citra Lembaga Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 169–178. Https://Doi.Org/10.17977/Um025v2i32018p169

Chrisyarani, D. D., Rahayu, S., Yulianti, Y., Meviana, I., Asmah, A., & Ladamay, I. (2022). Analisis Dampak Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Mbkm Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fip Unikama. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 47–55. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V6i1.6617

Fuad, A., & Harisun, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik (Simak) Di Program Studi Informatika. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.33387/Jiko.V2i1.1041

Hidayat, L., Mulyana, M., & Effendy, M. (2018). Membangun Kepuasan Mahasiswa Pengguna Laboratorium Komputer. Jas-Pt Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(2), 93. Https://Doi.Org/10.36339/Jaspt.V1i2.87

Husain, T. (2019). Analisis Layanan Google Scholar Sebagai Bahan Referensi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Ultima Infosys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(1), 69–75. Https://Doi.Org/10.31937/Si.V10i1.1086

Idris, R., & Djafar, H. (2019a). Analisis Kepuasan Mahasiswa Ditinjau Dari Kinerja Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 301. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V3i2.10014

Idris, R., & Djafar, H. (2019b). Analisis Kepuasan Mahasiswa Ditinjau Dari Kinerja Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 301. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V3i2.10014

Minabari, F., Titaley, J., & Nainggolan, N. (2019). Pengaruh Pelayanan Di Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fmipa Unsrat Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal. D’cartesian, 8(2), 153. Https://Doi.Org/10.35799/Dc.8.2.2019.24261

Prabandari, F., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh Persepsi E-Learning Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Dalam Masa Pandemik Di Stikes Muhammadiyah Gombong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 16(1), 44. Https://Doi.Org/10.26753/Jikk.V16i1.401

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V17i2.25286

Rahman, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 1(2), 90–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32529/Jim.V1i2.33

Ratnaningrum, L. P. R. A. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik Di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Indonesia. Bussman Journal: Indonesian Journal Of Business And Management, 3(1), 279–299. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53363/Buss.V3i1.124

Redaputri, A. P., Prastyo, Y. D., & Barusman, M. Y. S. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online Di Era Pandemi Covid-19. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V12i1.5463

Salsabila, H. A., & Iriyadi, I. (2020). Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Dan Keuangan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa. Jas-Pt (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 137. Https://Doi.Org/10.36339/Jaspt.V4i2.348

Sastriana, H. M., Sastriana, N. M., Nurmayanti, W. P., Rahim, A., & Ramdani, Z. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Indonesian R Summit, 1(1).

Suprapta, K. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pemilihan Konsentrasi Dengan Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Sistem Dan Informatika (Jsi), 13(1), 6–11. Https://Www.Jsi.Stikom-Bali.Ac.Id/Index.Php/Jsi/Article/View/186%0a

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran Di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100. Https://Doi.Org/10.33366/Rfr.V8i2.1091

Syukhri, S. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 109–114. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V18i2.417

Udjang, R., & Subarjo, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(1), 64. Https://Doi.Org/10.26486/Jpsb.V7i1.675

Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1.

Widawati, E., & Siswohadi. (2020). Analisis Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Dan Pelayanan Administrasi. Jurnal Mitra Manajemen, 4(10), 1500–1513. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V4i10.478

Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11–17. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24014/Rmsi.V3i1.2757

Yusa, M., Alqap, A. S. F., & Hidayati, N. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (Jbmi)–Vol 18 No. Ii. Http://Repository.Unhas.Ac.Id:443/Id/Eprint/10693




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats