Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Untuk Menigkatkan KreativitasBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar I IPS.

Firosalia Kristin

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Untuk Menigkatkan KreativitasBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar I IPS.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan Konsep Dasar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan Konsep Dasar IPS? Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa pada perkuliahan Konsep dasar IPS. Ini dibuktikan dari hasil lembar observasi kreativitas mahasiswa menunjukan bahwa pada siklus I ada 12 komponen yang berada pada kategori cukup dan 6 komponen pada kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan 8 berada pada kategori baik dan 10 berada pada kategori baik sekali.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Kreativitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima

Hartono.2008. Strategi Pembelajaran Active Learning. (https://sditalqalam.wordpress.com/2008/01/09/strategi-pembelajaran-active-learning/) diakses 27 Juni 2016.

Muhtadi, Ali. (2009). Implementasi Konsep Pembelajaran “Active Learning†sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan.Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY, Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Departemen Pendidikan & Kebudayaan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarman, 2013. Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Uni B, Hamzah.2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, Muhklison. 2013. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam.(Online), Vol. 7, No. 2. (http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/563/510), diakses 29 Juni 2016.

Laila, Alfi & Sahari, Sutrisno. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. (Online), Vol. 1, No.2. (http://efektor.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213/138), diakses 29 Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats