Evaluasi Program Pelatihan bagi Guru Di Sdn-2 Panarung dengan Model Countenance Stake

Dina Mardiana

Abstract


Abstract: This educational evaluation research aims at evaluating the training program in PKM-PDPSU activity carried out at SDN-2 Panarung Palangkaraya. The training was provided to improve the ability of nine teachers at the primary school to apply the education content of humanist literacy in language learning in order to form Pancasila-uphold generation in students through PKM-PDPSU activity. The evaluation of the program was carried out by the author as an evaluator with a team of experts using the Countenance Stake model. Data were collected using techniques such as observation, document review, and interview. Then, the data were analyzed using a case study analysis technique by the descriptive qualitative method. From the result of the evaluation, an average score of 4.8 was obtained and categorized as a good quality of the implementation in the educational program. By the evaluation activity, the evaluator team has proven that the evaluation of the countenance stake model can be carried out on an educational training program by a lecturer team from the university in the community service activity (PKM). 

 

Keywords: education evaluation, countenance stake, training, primary school teachers

 

 

Abstrak: Penelitian evaluasi pendidikan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program pelatihan dalam kegiatan PKM-PDPSU yang dilaksanakan di SDN-2 Panarung Kota Palangkaraya. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan kemampuan sembilan orang guru di sekolah dasar tersebut untuk mengaplikasikan muatan pendidikan literasi humanis dalam pembelajaran bahasa guna membentuk tunas Pancasila pada diri peserta didik melalui kegiatan PKM-PDPSU. Evaluasi program dilakukan oleh penulis sebagai evaluator bersama tim ahli dengan menggunakan model countenance Stake. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, telaah dokumen, dan wawancara, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis studi kasus dalam metode deskriptif kualitatif. Dari hasil evaluasi program diperoleh nilai rata-rata 4,8 yang berkategori baik untuk kualitas pelaksanaan program pendidikan. Pada kegiatan evaluasi program pendidikan ini, tim evaluator telah membuktikan bahwa evaluasi model countenance Stake dapat dilakukan pada sebuah program pelatihan pendidikan yang dilaksanakan oleh tim dosen dari perguruan tinggi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

 

Kata Kunci: evaluasi pendidikan, countenance Stake, pelatihan, guru sekolah dasar


Keywords


education evaluation, countenance stake, training, primary school teachers

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Ananda R. dan Rafida T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.

Bendriyanti, R. P., dan Dewi, C. (2014). Model “Countanance Stake” dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI), 2, 1-6. .

Bachtiar, R.W. (2016). Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif. Saintifika, 19(2), 1-10. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Farida Y. T. (2000). Evaluasi Program. Rineka Cipta

Fauzi, I dan Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. Jurnal Abdipamas, 5(1), 37-48. http://dx.doi.org/10.30734/jabdipamas.v5i1.1526

Fauzi, I., Mardiana, D., Ramadhani, A.S., Safutri, R.M. (2022). Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju di Sekolah Dasar. Jurnal Abdipamas, 6(1), 43-52. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2105

Hasan, S.H. (2008). Evaluasi Kurikulum. Remaja Rosda Karya.

Hasanudin, C., Wagiran, dan Subyantoro. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis Selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 27-38. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25-37. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe

Muliawan, J.U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: dengan Studi Kasus. Penerbit Gava Media.

Mardiah & Syarifuddin. (2018). Model-model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan & Konseling, 02(01), 38-50. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24

Mardiana, D. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Berbasis Kekooperatifan dan Kesantunan Berbahasa dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya (JBSP), 11(1), 149-175. 10.20527/jbsp.v11i1.10569

Mardiana, D., Sapriline, Kuswari, Simpun, dan Afif, C. (2021). Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Abdipamas, 5(2) 15-28. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2147

Mardiana, D., Kuswari, dan Simpun. (2022). Pelatihan Bagi Guru di Kota Palangkaraya: Membentuk Tunas Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa yang Bermuatan Literasi Humanis Guna Mendukung SDM Unggul di Pendidikan Abad-21. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM Universitas Palangka Raya.

Mardiana, D., Sapriline, dan Simpun. (2022). Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Genre dan CLIL Bermuatan Wacana Artefak Bagi Guru Kelas di SDN-2 Panarung Palangkaraya. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 47–54. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i2.7031

Rusdiana, A. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Pustaka Setia Bandung.

Sanjaya, B. dan Lubis, M.A. (2013). Penilaian Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berdasarkan Stake’s Countenance Model Bagi Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah GUPPI Kota Jambi 2012/2013. International Journal of Islamic Thought, 4, 1-8. http://journalarticle.ukm.my/6780/1/IJIT_Vol_4_Dec_2013_2_14-21.pdf

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyasa, P.W.A, dan Kurniayan, P.S. (2018). Pemberdayaan Model CSE-UCLA Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Blended Learning di SMA Negeri 1 Ubud. Wacana Akademika, 2(2), 137-162.

Tim UP3G. (2022). Panduan PLP dan Pendidikan Profesi Guru. FKIP Universitas Palangka Raya (UPR).

Usup, A., et.al., (2021). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Sumber Dana DIPA PNBP UPR 2021. LPPM Universitas Palangka Raya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.3127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats