Keefektivan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Media Pohon Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan.

Dwi Ivayana Sari

Abstract


Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Media Pohon Matematika pada Materi Pecahan di Kelas V SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media pohon matematika pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk melihat kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media pohon matematika efektif untuk mengajarkan materi pecahan. Kesimpulan ini didasarkan pada beberapa hal, yaitu (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, (2) aktivitas siswa efektif, dan (3) ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai.

Key words: Pembelajaran Kooperatif, Media Pohon Matematika.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats