Penerapan Pembelajaran Format KBMI, PKM-K dan Summary Book untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Produktivitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Bisnis

Moch. Suberi

Abstract


Abstract: This study aims to increase creativity and productivity through the application of the Indonesian Student Entrepreneurship Activity (KBMI) learning format, the Entrepreneurship Student Creativity Program (PKM-K) and the Summary book in the Introduction to Business course. The research was carried out at STIE Scholar, the research subjects were Management and Accounting Study Program students who were taking an Introduction to Business course in the odd semester of 2021/2022 as many as 168 students divided into 3 groups according to their needs. who have a business plan (PKM-K) of 144 students and a group of students who want business knowledge to be included in the Summary Book as many as 7 students. The research was carried out in 3 cycles, each cycle covering the stages of planning, implementation, observation and reflection. Plans for students who have a business are given a post-test with the KBMI template, those who have a plan with the PKM-K template and those who choose science choose books about business. The implementation is for groups that have businesses accompanied by filling out the KBMI template, PKM-K groups are accompanied by making proposals, those who choose their knowledge make a summary and present it in class. The results of the study found that the group that had a business running a tester with satisfactory results obtained input from the group of KBMI participants and supervisors. The PKM-K group made a proposal according to the format and made an implementation video. The summary book group presented the results of summarizing and revising suggestions from participants and supervisors.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas melalui penerapan pembelajaran format Kegiatan Berwirausahan Mahasiswa Indonesia (KBMI), Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dan Summary book pada mata kuliah Pengantar Bisnis. Penelitian dilaksanakan di STIE Cendekia subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Manajemen dan Akuntansi yang sedang menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis pada semester gasal tahun 2021/2022 sebanyak 168 mahasiswa dibagi 3 kelompok sesuai kebutuhannya kelompok mahasiswa yang sudah memiliki bisnis (KBMI) sejumlah 17 mahasiswa, kelompok mahasiswa yang mempunyai rencana bisnis (PKM-K) sejumlah 144 mahasiswa dan kelompok mahasiswa yang ingin ilmu bisnis masuk pada Summary Book sebanyak 7 mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Rencana mahasiswa yang memiliki bisnis diberi post-test dengan template KBMI, yang mempunyai rencana dengan template PKM-K dan yang memilih ilmu memilih buku tentang bisnis. Pelaksanaannya untuk kelompok yang memiliki bisnis didampingi mengisi template KBMI, kelompok PKM-K didampingi membuat proposal, yang memilih ilmunya membuat summary dan mempresentasikan di kelas.Hasil penelitian ditemukan kelompok yang memiliki bisnis menjalankan tester dengan hasil yang memuaskan  memperoleh masukan dari kelompok peserta KBMI dan pembimbing. Kelompok PKM-K membuat proposal sesuai dengan format dan membuat video pelaksanaan. Kelompok summary book mempresentasikan hasil dari merangkum dan merevisi saran dari peserta dan pembimbing.


Keywords


KBMI , PKM-K , Summary book

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia, 2021.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K).

Farhana, Husna, Awira dan Nurul Mutaqqien. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Publisher.

Hayati, Dewi, Hasmiandy Hamid dan Rahmat Syahri . (2018). Pengembangan Metode Cooperative dan Collaborative Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Rancangan Percobaan. Fapet Universitas Andalas.

Indrawati, Henny. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif (MPKP) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Bisnis. Jurnal Pendidikan, 5 (1); 1-12.

Purnama, Diana Septi. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Guru. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran. Edisi Oktober, No. 2.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. DKI Jakarta : Prenada Media.

Subadi, Tjipto. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) : Suatu Model Pembinaan menuju Guru Profesional. Surabaya: Badan Penerbit FKIP-UMS.

Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005. (23 Januari 2022). Guru dan Dosen. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Wena, Made. (2009) Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Candra dan Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas : Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats