Development of Learning Module for Observation Report During the Covid-19 Pandemic
Abstract
Abstract: Innovation of education is needed to ensure effective online learning practices during the pandemic. It is necessary to avoid the accumulation of assignments without sufficient materials. Material needs must be met, for that a module is needed. this R&D-based study was conducted to determine the feasibility of the learning module. The research subject were several students from SMA Negeri 14, SMA Yapim, SMA Negeri 21, SMA Nasrani 3, and SMA Advent Air Bersih in Medan. Data were collected using a 4-D model and the results showed that the module was feasible to be used as indicated by the validation and try out score from lecturers, teachers, and students got score above 75%.
Keywords: module; online learning; observation report
Abstrak: Inovasi pendidikan sangat dibutuhkan untuk mengefektifkan pembelajaran online di masa pandemi. Pembelajaran online perlu menghindari menumpuk tugas tanpa materi yang cukup. Kebutuhan akan materi harus terpenuhi, untuk itulah diperlukan modul. Penelitian ini berbasis research and development bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran. Subjek penelitian adalah sejumlah siswa di Kota Medan, yakni SMA Negeri 14 Medan, SMA Yapim Medan, SMA Negeri 21 Medan, SMA Nasrani 3 Medan, SMA Advent Air Bersih. Teknik pengumpulan data menggunakan model 4-D dan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layak digunakan dilihat dari hasil uji validasi dan uji coba terhadap dosen ahli, guru, dan siswa memperoleh nilai di atas 75 %.
Kata Kunci: modul; pembelajaran online; laporan hasil observasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka.
Firdaus, A., Suyanto, E., & Samhati, S. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Kata.
Mina Syanti Lubis, Syahrul R, N. J. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas Xi Sma/Ma. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(1), 17–28. file:///C:/Users/USER/Downloads/5026-10179-1-SM.pdf
Nurbaya, S., & Rahayu, D. H. (2019). Model bahan ajar membaca pemahaman berbasis teks dengan pendekatan content language integrited learning. HUMANIKA. https://doi.org/10.21831/hum.v18i2.29238
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press Yogyakarta.
Sadiq & Sadzia. (2014). Effectiveness of Modular Approach in Teaching at University Level. Journal of Education and Practice, 5(17), 103–110.
Siagian, B. A. (2016). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. Suluh Pendidikan. Suluh Pendidikan, 3(1), 80–84. http://akademik.uhn.ac.id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan
Siagian, Beslina Afriani. (2019). Analisis Produk Pembelajaran Menulis Bahan Ajar Berbasis Kkni. Asas: Jurnal Sastra, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15439
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.