Pengembangan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Pembelajaran Menyimak

Warsiman Warsiman

Abstract


Abstract: The goal of this research is to determine the best formulation in listening learning using the STAD type cooperative model. This research employs research and development (R&D) that has been adapted to the field settings. The results demonstrated that learning utilizing the STAD type cooperative model was beneficial in listening learning. The effectiveness can be seen by the rise in student learning outcomes after each implementation. The average score of students in the first application was 61.53, 74.04 in the second application, and 83.65 in the third application. Based on these findings, it is possible to infer that the STAD cooperative model is an effective method for teaching listening skills. As a result, it is hoped that instructors and policymakers will attempt this alternative model in an effort to improve students' listening skills, particularly high school pupils (high school)

 

Keywords: Listening, STAD type cooperative model, research and development

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari formulasi terbaik dalam pembelajaran menyimak melalui model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dimodifikasi menyesuaikan kondisi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak. Kefektifan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap pemberlakuan. Nilai rata-rata siswa pada pemberlakuan I adalah 61,53, 74,04 pada pemberlakuan II, dan 83,65 pada pemberlakuan III. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Oleh karena itu, diharapkan guru dan pengambil kebijakan perlu mencoba alternatif model tersebut sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak, khususnya siswa sekolah menengah atas (SMA).

 

Kata Kunci: Menyimak, model kooperatif tipe STAD, penelitian dan pengembangan


Keywords


Menyimak; model kooperatif tipe STAD; penelitian dan pengembangan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ketrampilan Berbahasa dan Apresiasi. Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Chalimah, Nur Siti. 2014. “Efektivitas Metode Stad Berbantuan Modul Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014”. Semarang: Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

DePorter, B., dkk. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Penerjemah Ary Nilandari). Bandung:Penerbit Kaifa.

Fitriani. 2017. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Watansoppeng”. Makasar: FIS Universitas Negeri Makassar.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kaufeldt, M. 2008. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu: Perintah Pengajaran yang Berbeda-beda dan Sesuai dengan Otak. (Alih Bahasa: Hendarto Raharjo). Jakarta: PT Indeks.

Muhsin. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar”. Semarang: Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Mudjiono, Moh. Dimyati. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Rineka Putra

Roestiyah, N.K. 1994. Masalah Pengajaran: Sebagai Suatu Sistem. PT Terminal Bukit Intan . Rineka Cipta.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Suprapto. 2008. Modul Pendidikan Kewarganegaraan SMP/SMA. Surabaya: UNESA.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sulaeman, D. 1998. Teknologi/ Metodologi Pengajaran. Jakarta: Dirjen. Dikti. Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Warsiman. 2013. Bahasa Indonesia Ilmiah: untuk Penulisan laporan, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: UB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats