Keefektifan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa di SD
Abstract
Abstract: This study aims to analyze the effectiveness of the use of the direct instruction (DI) learning model in improving the competence of classroom teachers in SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya by applying language teaching method in the design of Integrated Thematic Lesson Plan for Indonesian Language Learning Focus. Eleven class teachers at SD Muhammadiyah Pahandut were selected as the sample of this research using a purposive sampling technique which was taken from the total population. This research used a quantitative method using an experimental design named one group pretest-posttest design. From the results of the analysis of two related sample statistical test, it can be concluded that the result of this study showed the DI learning model is effective to improve the competence of elementary school teachers in applying the language teaching method.
Keywords: direct instruction models, teacher, primary school, language teaching methods
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penggunaan model pembelajaran direct instruction (DI) dalam meningkatkan kompetensi guru kelas di SD Muhammadiyah Pahandut dengan mengaplikasikan metode pengajaran bahasa pada rancangan RPP Tematik Terpadu Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sebelas orang guru kelas di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya sebagai sampelnya yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari jumlah populasinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model desain eksperimen one group pretest-posttest design. Dari hasil analisis uji statistik dua sampel berkorelasi (two related sample), dapat disimpulkan hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran DI efektif untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengaplikasikan metode pengajaran bahasa.
Kata kunci: model direct instruction, guru, sekolah dasar, metode pengajaran bahasa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: FIP IKIP.
Awliyah, R. F., Suyadi, Jannah, F. R., dan Mustofa, A. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). 8(1), 99-106. doi http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1045
Brown, D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. California: San Fransisco State University.
Bagus, D. dan Mardiana, D. (2018). Pengembangan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Memahami Teori dan Genre Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS, 7(1), 137-150.
Dikti. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendiknas.
Ismawati, E. (2015). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Kemdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI: Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Puspasari, Q. K., dan Setyaningsih N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Sugesti Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-25. Doi https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.27572
Purwanti, R. dan Supriyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 839-848. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/23818/21765
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sintia, R. dkk. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Papa Saya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV di SD 2 Panjunan Tema 7. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1), 101-108. Retieved from http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9399
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran dan Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.