In general this training aims to motivate teachers to conduct quantitative research.The specific purpose of this training aims to improve teachers' understanding of the use of SPSS applications in quantitative research.This training was conducted at Al Amalul Khair High School Palembang. Training participants are high school Al Amalul Khoir Palembang teachers and MTs Al Amalul Khoir Palembang Teachers.The training method consists of three parts, namely planning, implementing, and evaluating training.The analysis technique is questionnaire analysis. Questionnaires were given before and after training.Based on the evaluation results, the participants' responses showed a positive response.
Keywords: SPSS, Training, Quantitative research.
ABSTRAK
Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi guru melakukan penelitian kuantitatif. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang penggunaan aplikasi SPSS dalam penelitian kuantitatif. Metode pelaksanaan pelatihan terdiri dari tiga bagian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data angket yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa respon guru-guru SMA dan MTs Al Amalul Khair Palembang setelah diberikan kegiatan pelatihan penggunaan program SPSS menunjukkan respon yang positif.
Kata Kunci: SPSS, Pelatihan, Penelitian kuantitatif.
Peraturan Pemerintan RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rahmadhani, R. (2014) Pengaruh Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(6),14-17
Nugroho, Y. S., Hadi, S. P., & Haryono. ( 2009). Penggunaan Software SPSS untuk Analisis Faktor Daya Beli Listrik Pada Sektor Rumah Tangga Dengan Metode Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Kota Salatiga). Simposium Nasional RAPI VIII, (pp.82-88).
Erhaneli dan Irawan, O. (2015) Prediksi Perkembangan Beban Listrik Sektor rumah Tangga di Kabupaten Sijunjung tahun 2013-2022 Dengan Simulasi SPSS. Jurnal Momentum, 17(2), 14-25.
Hasyim, M dan Listiawan, T. ( 2018). Penerapan Aplikasi IBM SPSS untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Menigkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru. Jurnal Adimas, 2(1), 28-35.