Pembuatan Komik Strip (4 Koma Man’ga) dengan Struktur Kishoutenketsu dan Tema Nilai Konservasi

Authors

  • Ai Sumirah Setiawati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Andy Moorad Oesman Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Chevy Kusumah Wardhana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Gerry Razaq Suryawijaya Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.1764

Keywords:

Komik Strip, Kishoutenketsu, Man'ga, Nilai konservasi

Abstract

ABSTRACT

Semarang State University (UNNES) is a university with a conservation perspective so that in every policy and activity it is guided by conservation values. The entire UNNES academic community has the task of implementing every policy in everyday life both in and out of campus. Every activity must reflect conservation value which consists of three pillars, namely the conservation of character, culture, and the environment. It is also necessary to spread the spirit of conservation to the surrounding community. We carried out mentoring activities for making 4 panels comic strip (4 koma manga) with the theme of conservation value. The target of the activity is aimed at students of SMAN I Semarang as one of UNNES' partners. This comic-making activity was chosen with the consideration that based on a preliminary study, SMAN I Semarang students need activities related to their interest in comics. Thus, it is hoped that this activity, apart from spreading the spirit of conservation, will also become a promotional medium for the Japanese Language Education Study Program as one of the study programs at UNNES.

 

Keywords: Comic Strip, Kishoutenketsu, Manga, Conservation Value

 

ABSTRAK

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas yang berwawasan konservasi sehingga dalam setiap kebijakan dan kegiatan yang ada di dalamnya berpedoman pada nilai-nilai konservasi. Segenap sivitas akademika UNNES mengemban tugas untuk melaksanakan setiap kebijakan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun luar kampus. Setiap langkah dan geraknya harus bernilaikan konservasi yang terdiri dari tiga pilar yaitu konservasi karakter, budaya, dan lingkungan. Selain itu perlu juga menyebarluaskan semangat konservasi kepada masyarakat di sekitarnya. Sebagai salah satu bentuk kegiatan ini tim melakukan kegiatan pembimbingan pembuatan komik strip 4 panel (4 koma man’ga) bertemakan nilai konservasi. Sasaran kegaiatan ditujukan kepada siswa SMAN I Semarang sebagai salah satu mitra kerja UNNES. Kegiatan pembuatan komik ini dipilih dengan pertimbangan bahwa berdasarkan studi pendahuluan, siswa SMAN I Semarang memerlukan kegiatan yang berkaitan dengan minat mereka terhadap komik. Dengan demikian diharapkan dengan kegiatan ini selain menyebarluaskan semangat konservasi juga menjadi media promosi Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jepang sebagai salah satu prodi yang ada di UNNES.

 

Kata Kunci: Komik Strip, Kishoutenketsu, Manga, Nilai konservasi

 

 

Author Biography

Ai Sumirah Setiawati, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Amalina, A. (2012). Budaya Populer Jepang Sebagai Instrumen Diplomasi Jepang dan Pengaruhnya Terhadap Komunitas-Komunitas di Indonesia. Andalas Journal of International Studies, 1(2), 108–122. http://ajis.fisip.unand.ac.id/index.php/ajis/article/view/9

Fahmy, R., Bachtiar, N., Rahim, R., & Malik, M. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.112

Hafiar, H., & Kurniadi, O. (2008). Geliat Komik Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 359–364. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1121

Kobari, N. (2014). Penelitian Dasar Terhadap Motivasi Mahasiswa Yang Memilih Keahlian Pendidikan Bahasa Jepang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 117. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i2.702

Kumano, N., & Kawashima, K. (2011). “Anime-Manga no Nihongo” Uebu Saito no Kaihatsu. Kokusaikōryūkikin Nihongo Kyōiku Kiyō, 7, 103–117. http://www.jpf.go.jp/j/project/japanese/teach/research/report/07/pdf/121206_07.pdf

Saifudin, A. (2017). Penggunaan Manga Humor dalam Pembelajaran Bahasa dan Penelitian Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 99. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i2.8711

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3378

The Japan Foundation. (2017). Survey Report On Japanese-Language Education Abroad 2015. In The Japan Foundation (Vol. 151). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Venus, A., & Helmi, L. (2017). Budaya Populer Jepang di Indonesia : Catatan Studi Fenomenologis Tentang Konsep Diri Anggota Cosplay Party Bandung. Jurnal ASPIKOM, 1(1), 71. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i1.9

Wibowo, M. E., Suyitno, H., Retnoningsih, A., Handoyo, E., Rahayuningsih, M., Yuniawan, T., Sunawan, Syaifudin, A., Yulianto, A., Surahmat, & Pratama, H. (2017). Tiga Pilar Konservasi Penopang Rumah Ilmu Pengembang Peradaban Unggul.

Zulkarnain, I., & Farhan, M. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Memanfaatkan Sampah Bekas menjadi Barang yang bernilai Ekonomis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 25. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.527

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Setiawati, A. S., Oesman, A. M., Wardhana, C. K., & Suryawijaya, G. R. (2021). Pembuatan Komik Strip (4 Koma Man’ga) dengan Struktur Kishoutenketsu dan Tema Nilai Konservasi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 219–226. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.1764

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.