Peningkatan Daya Dukung Pemerintahan Desa Melalui Manajemen Sistem Informasi Desa Berbasis Website

Dewie Tri Wijayati, Andre Dwijanto Witjaksono, Rosa Prafitri Juniarti, Trias Madanika Kusumaningrum, Ahmad Ajib Ridlwan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi  berdampak pada penyediaan akses informasi yang cepat, tepat dan akurat. Website bagi sebuah desa berguna untuk menampilkan data demografi, potensi, produk dan sumber daya manusia. Data tersebut tidak akan terbaca oleh masyarakat luas jika hanya di tulis di papan infomasi di balai desa. Selain itu, website desa juga mewujudkan transparansi pembangunan desa dan akuntabilitas keuangan di masing-masing desa. Saat ini desa sudah mendapat dana desa yang harus di pertanggungjawabkan kepada publik. Dengan adanya website tersebut masyarakat bisa tahu, program apa yang sedang dan akan di jalankan oleh desa, sekaligus mencantumkan jumlah anggarannya. selain itu fungsi website desa sebagai sarana masyarakat untuk menyampaikan saran, kritik dan aduan yang membangun bagi desa tersebut. Website desa akan menampilkan data riil kemiskinan dan pengangguran. Datanya bahkan lebih maju dari milik BPS karena sudah diverifikasi berdasar kondisi sosiologis desa.


Keywords


Sistem Informasi, Desa, Akuntabilitas

Full Text:

PDF

References


Dodik Kurniawan. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Penduduk Pada Kantor Desa Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, 1–13.

Higau, C. B. H. (2015). Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Desa Matalibaq Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu. eJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1448–1459.

Kemendes. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats