Improving Skill in Writing Inspirational Story Text in Quantum Learning using Comics

Authors

  • M. Alfan Haris
  • Cahyo Hasanudin (Scopus ID: 57205056590) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Ayu Fitrianingsih IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia

Keywords:

Writing inspirational story text, quantum learning, comics

Abstract

This study was conducted because difficulties to write inspirational story text were found by students in Ninth grade of SMP SMP Plus Maulana Malik Ibrahim. It was caused by less of understanding related to the structure of inspirational story text. This study aimed to explore the improvement of students’ skill in writing inspirational story text in quantum learning using comics. This study was classroom action researchwhich was conducted in two cycles. Each cycle had four stages, namely planning, acting, observing, and reflecting. Results of study showed that in pre-treatment, students’ average scores were 53 with classical completion rate of 14,28%. In cycle I, students’ average scores were improved to be 72 with classical completion rate of 66,6%. Moreover, in cycle II, it was improved to be 84 with classical completion rate of 90,4%. It could be concluded that students’ skill in writing inspirational story textwas improved after being taught using comics as media in quantum learning.

References

Ahadiyah, W., Zahidi, S., & Hidayatussholihah, R. (2024). Strategi pembelajaran Quantum sebagai bentuk interpretasi profil pelajar pancasila di era digital. JELIN: Journal of Education and Learning Innovation, 1(2), 174-185.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik, 3(1), 35-44. Doi: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Tiktok untuk pengembangan bakat siswa SMA di bidang menulis. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 858-868). Retrieved From: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1345

Barus, A. B., Shalsabilla, K., Adzania, V., & Siregar, M. W. (2024). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode nature learning pada siswa kelas VIII-6 SMP Pahlawan Nasional. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 178-190. Doi: https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.720

Budiarti, U., Kurniawan, S., Wiseza, F. C., & Dewi, Y. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 107/II Danau Buluh Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 159-188. Doi: https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.621

Budiastuti, P. N., Rosdiana, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran Http, 3, 39-45. Retrieved From: https://pdfs.semanticscholar.org/a3c0/894a709e06162fc91f8315a1d371097aafbf.pdf

Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan data penelitian. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 5423-5443. Doi: https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.5181

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151-158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Harahap, E. L., Imamuddin, M., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1168-1174. Doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13068

Hayati, I. A., & Yamin, Y. (2023). Media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar cerita dongeng dalam pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 440-444. Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3043

Hayati, R., Anwari, M. R., Daviria, E. A., & Fitri, D. (2024). Eksplorasi majas dalam Novel Matahari Minor oleh Tere Liye: Pendekatan Deskriptif Kualitatif. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 321-332. Doi: https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.327

Hendrayana, S., & Alfaeni, D. (2024). Pengaruh pembelajaran bahasa indonesia terhadap pemahaman dan penggunaan bahasa dalam komunikasi sehari-hari siswa. Mata Pena Bahasa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(01), 25-28. Retrieved From: https://journal.publicationcenter.id/index.php/matapenabahasa/article/view/104

Hoerudin, C. W. (2023). Strategi supervisi pengawas sekolah dalam pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia yang bermutu. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(2), 39-50. Doi: https://doi.org/10.3709/ilpen.v2i2.35

Ibda, H. (2024). Peningkatan keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada mahasiswa melalui program satu semester satu resensi (tuter tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-13. Doi: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3058

Ireng, D. R., Rahmania, S. Z., & Sahmini, M. (2019). Analisis Struktur Teks Cerita Fantasi pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 907-916. Retrieved From: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/3627/1799

Junaidi, J., Djuwairiyah, D., & Minhaji, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis kontekstual pada mata pelajaran pai kelas VII. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 8(1), 49-62. Doi: https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.3325

Kenwening, L. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Menggunakan Media Comic Strip pada Siswa Kelas IX G SMPN 26 Bandar Lampung. Journal Educational of Indonesia Language, 4(1), 33-39. Doi: https://doi.org/10.36269/jeil.v4i1.1553

Khasanah, S. U. K. S. U. (2024). Media komik tingkatkan pemahaman pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran ipas materi penyerbukan: IPAS Comics, Pollination. Ta'dib. Jurnal Pembaharuan Pendidikan, 8(1). Doi: https://doi.org/10.33507/4vgjv618

Kholifah, D. N., Citraningrum, D. M., & Alfan, M. (2024). Efektivitas media komik terhadap peningkatan ketrampilan menulis cerita pendek pada sisiwa kelas IX SMP PGRI Banyuwangi. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 189-197. Doi: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(2).189-197

Khotimah, P. H., & Al Ghani, M. (2024). Meningkatkan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok. SEMNASFIP. 1833-1877. Retrieved From: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23761

Lidyaningtyas, K., Anawar, S., & Darsono, N. (2023, September). Meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif dengan model cooperative integrated reading and composition berbantuan media flashcard. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) (Vol. 1, pp. 141-148). Retrieved From: https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/download/535/264

Mariyana, M. (2022). Peningkatan kemampuan menulis teks cerita inspiratif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada siswa kelas IX D SMP Negeri 5 Banjarmasin: Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 10-15. Doi: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3344

Misriani, A., Cintari, S., & Zulyani, N. (2023). Urgensi pembelajaran bahasa indonesia berbasis kearifan lokal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131-7136. Retrieved From: https://www.academia.edu/download/111881071/2322.pdf

Mokodongan, N., Pangemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bahtra, 2(2). Doi: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3637

Mukhlishina, I., Wijayaningputri, A. R., & Danawati, M. G. (2024). Pengembangan e-komik berbasis nilai-nilai al-islam dan budaya Indonesia pada Siswa Rumaisa School Korea Selatan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5172-5192. Doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12644

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48-56. Doi: https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Nisa, K., Prananda, A. D., Handayani, P., Ardiansyah, R. F., Damayati, V., Santosa, V. M. B., & Sumarah, I. E. (2024). Pelatihan membuat media Komik, Scratchbook, dan Mading untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak di Rumah Literasi Sidomulyo Kulon Progo. Karya Nyata: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 72-82. Doi: https://doi.org/10.62951/karyanyata.v1i2.242

Nurafiani, V., & Hindun, H. (2024). Peran: Ruang guru sebagai aplikasi berbasis mobile dalam pekembangan belajar bahasa indonesia pada siswa MTS. Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 161-168. Doi: https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i1.1073

Nurhakim, S. S., Latip, A., & Purnamasari, S. (2024). Peran media pembelajaran komik edukasi dalam pembelajaran IPA: A Narrative Literature Review. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 417-429. Doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1551

Nurlina, N., Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan pengembangan media komik berbasis budaya lahat dengan menggunakan aplikasi Canva untuk pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1353-1363. Doi: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.761

Poy, R. R. M., Margareta, K. M., & Pekuwali, D. S. (2025). Kemampuan Siswa Kelas VIi SMP Negeri 13 Kota Kupang dalam Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal Lazuardi, 8(1), 80-105. Doi: https://doi.org/10.53441/jl.Vol8.Iss1.158

Rahmawati, E., Setiawan, H., & Muhtarom, I. (2024). Pengaruh model quantum learning (ql) berbantuan media big book terhadap kemampuan membaca teks fabel pada siswa kelas VII SMP PGRI Setu Bekasi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(2), 189-194. Doi: https://doi.org/10.55583/jkip.v5i2.1001

Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran Quantum learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 15-21. Doi: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1999

Sampe, A., & Rumondor, D. (2023). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa kelas XI Di SMA Negeri 1 Langowan. 5(1). Doi: https://doi.org/10.37033/ojce.v5i1.546

Santi, N. I., & Taqwiem, A. (2022). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas Vii-D Smp Negeri 15 Banjarmasin. LOCANA, 5(1), 50-64. Retrieved From: https://locana.id/index.php/JTAM/article/view/81

Sari, N. I., & Randi, R. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153-161. Doi: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3153

Sari, Y. (2024). Peran sastra dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 211-222. DOI: https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3183

Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). Nilai edukatif tokoh burlian dalam novel si anak spesial karya Tere Liye: tinjauan sosiologi sastra sebagai bahan ajar cerita inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 1-12. Doi: https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2843

Setiani, R. N., Kartono, K., & Halidjah, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik digital pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 6(4), 1679-1688. Retrieved From: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/5295

Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas komik sebagai media pembelajaran matematika. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 2(2), 1-5. Doi: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v2i2.2952

Simanjuntak, F. P., & Sitohang, T. (2019). Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan. Journal of Language, Literature and Teaching, 1(2), 107-116. Retrieved From https://www.researchgate.net/profile/Journal-Of-Language-Literature-And-Teaching-Stba-Pia-Medan/publication/337647626_.pdf

Simanjuntak, F. P., & Sitohang, T. (2019). Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan. Journal of Language, Literature and Teaching, 1(2), 107-116. Retrieved From https://www.researchgate.net/profile/Journal-Of-Language-Literature-And-Teaching-Stba-Pia-Medan/publication/337647626_.pdf

Simbolon, J. (2023). Transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01), 162-171. Doi: https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941

Siregar, A. R. (2024). Upaya meningkatkan keterampilan menulis sinopsis novel “ayah mengapa aku berbeda” karya agnes davonar dengan model pembelajaran stad. PANTAK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1). Retrieved From: https://jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/pantak/article/view/23

Siregar, M. N. A. (2023). Pengembangan materi ajar teks cerita inspiratif menggunakan aplikasi comic life di kelas IX SMP Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 169-180. Doi: https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.306

Sulistiani, N. (2019) Implementasi pendekatan kontekstual character education untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita inspiratif peserta didik kelas IX A MTsN 4 Blitar Tahun Pelajaran 2018-2019. 1-14. Retrieved From: https://naniksulistiani.wordpress.com/wp-content/uploads/2020/05/kti-ampeldenta-nanik-sulistiani-mtsn-4-blitar.pdf

Sumarah, A. Y., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2024). Penerapan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV sdn tlogopragoto. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 520-529. Doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4122.

Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2023). Implementasi model pembelajaran quantum learning berbasis steam terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1887-1896. Doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4299

Syahputra, E., Pristani, R. L., Siregar, T., & Hutasuhut, S. (2023). Penerapan metode quantum learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Jurnal Ekonomi KIAT, 34(1), 1-8. Retrieved From: https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/13522

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82. Doi: https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.37

Widyaiswara, T., Fatmawaty, R., & Faridah, F. (2024). Upaya pendampingan kemampuan menulis siswa melalui implementasi mind mapping dalam teks eksposisi bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 7(3), 577-588. Doi: https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25048

Yeli, R. M., Charlina, C., & Permatasari, S. (2023). Kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya tahun ajaran 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 332-340. Retrieved From: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6280

Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). Analisis keterampilan menulis teks ulasan dengan metode quantum learning berbantukan google classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1-9. Doi: https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Haris, M. A., Hasanudin, C., Sutrimah, S., & Fitrianingsih, A. (2025). Improving Skill in Writing Inspirational Story Text in Quantum Learning using Comics. Jurnal Pendidikan Edutama, 12(2), 1–14. Retrieved from http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/5121

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.