Hubungan Karakter Mandiri Siswa dalam Belajar dengan Hasil Belajar Siswa

Fadillah Rahmayani

Abstract


Abstract: The purpose of this research was to identify the relationship between independent learning characters and student learning outcomes. The population of this research was students of class XI MIPA Muaro Jambi 1 High School. The sample of this research was determined by total sampling technique which was 66 students. This research is a quantitative descriptive research that is with the technique of collecting data by questionnaires and tests. Questionnaires are used to collect independent students learning data and tests are used to determine learning outcomes. The data analysis technique used is Pearson Correlation to see how the relationship between students' independent character and learning outcomes. Data analysis was performed by SPSS Statistics 25 Software. From the results of the analysis data obtained, the Pearson correlation was 0.891 so the correlation was in the high category. Therefore, it can be concluded that the Character of Mandiri Learning has a relationship with student learning outcomes.

 

Keyword: Independent Character, Learning Outcomes

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara karakter mandiri belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 66 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yakni dengan teknik pengumpulan data secara penyebaran angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data mandiri belajar siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Pearson untuk melihat bagaimana hubungan atau keterkaitan antara karakter mandiri siswa dengan perolehan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan Software SPSS Statistic 25. Dari hasil analisis data yang diperoleh yakni pearson correlation-nya sebesar adalah 0,891 sehingga korelasinya termasuk kategori tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Karakter Mandiri Belajar memiliki hubungan dengan Hasil Belajar siswa.

 

Kata kunci: Karakter Mandiri, Hasil Belajar


Keywords


Independent Character, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Atmanti, H. D. (2005) Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan, 2(1), 30-39

Azizah, Rismatul et al (2015) Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA, 5(2)

Bhakti dan Napis (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Guided Inquiry berbantuan Physics Interactive simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 124-130

Departemen Pendidikan Nasional (2003) Undang-Undang RI No.20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional (2006) Permendiknas No. 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Giancoli, D. C. (2014) Fisika: Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7 jilid 1. Jakarta: Erlangga

Junjunan, S. (2009) Kontribusi Gaya Belajar Dan Mandiri Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri di Kota Bandung: Studi Analisis Deskriptif Terhadap Siswa Sma Negeri Kelas XI Ipa Berdasarkan Cluster Di Kota Bandung Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Maison, A., et al (2018) Deskripsi sikap siswa SMA NEGERI pada pembelajaran fisika ,10(1), 162-167

Martaida, et.al (2018) Efek Model Pembeljaran Discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2),118-123

Purnamasari, Y. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) terhadap kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematika Peserta Didik. Skripsi (Tidak Diterbitkan), Jakarta: Universitas Terbuka

Purwanto, A. (2012) Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10(2)

Ranti et.al (2017) Pengaruh Mandiri Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83

Saefullah et.al (2013) Hubungan Antara Sikap Mandiri Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 26-36, ISSN: 2338-1027.

Sari dan Kadri (2018) Pengaruh Model Group Investigation Terhadap Pengetahuan Konseptual Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas XI Smk Muhammadiyah 8 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 77-83

Susilawati, D. (2009) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Matematika. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Wahyudi (2011) Analisis Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar Dan Mandiri Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Prodi Pendidikan Fisika Stkip Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2),20-31

Yunginger, R. (2008) Deskripsi Tentang Aktivitas Mandiri Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 5(1),64-69




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats