Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro

Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Abstrak: Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Bahan ajar dalam proses pembelajaran memilik peran yang sangat penting baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa karena sebagai salah satu sumber belajar. Seorang dosen akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa jika tanpa disertai bahan ajar yang lengkap. Pemilihan bahan ajar sebagai sumber belajar adalah merupakan salah satu faktor keberhasilan pembelajaran, karena pemilihan bahan ajar harus disesuaikan dengan kurikulum yang ada yakni sesuai dari tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui kesesuaian antara silabus mata kuliah statistika yang digunakan pada program studi pendidikan matematika dengan kurikulum yang diterapkan (2) mengetahui kesesuaian antara silabus mata kuliah statistika dengan RPP mata kuliah statistika pada program studi pendidikan matematika (3) mengetahui kesesuaian antara bahan ajar modul statistika dengan RPP yang digunakan pada program studi pendidikan matematika (4) mengetahui kelayakan bahan ajar modul statistika yang digunakan pada program studi pendidikan matematika (5) mengetahui tanggapan mahasiswa yang diajar terhadap bahan ajar statistika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis isi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode angket, sedangkan untuk uji validitas instrumen dengan bantuan pendapat  ahli. Dari hasil analisis yang telah dilakukan sehingga hasil penelitian ini adalah : 1) tingkat kesesuaian antara silabus mata kuliah statistika dengan kurikulum yang diterapkan pada program studi pendidikan matematika memiliki relevansi persentase sebesar 75,2% dalam kategori sedang, 2) tingkat kesesuaian antara silabus dan RPP  pada mata kuliah statistika memiliki relevansi persentase sebesar 85% dalam kategori tinggi, 3)  tingkat kesesuaian antara bahan ajar modul statistika dengan RPP yang digunakan  memiliki relevansi persentase sebesar  78% dalam kategori tinggi, 4) bahan ajar statistika layak digunakan sebagai bahan ajar dengan rata-rata presetase sebesar 72,6% dalam kategori sedang, 5) tanggapan mahasiswa terhadap bahan ajar statistika yang dipakai dalam pembelajaran dalam presentase 70,5%  mengatakan baik, 23,5% mengatakan cukup dan 6% mengatakan kurang.


Full Text:

PDF

References


Amin, Muhammad., Widodo W., Pratiwi, Rinie., Chandra, Didi T., Sumartini, dan Sulastri, S. 2006. Panduan Pengembangan Bahan Ajar IPA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, 12-14 Januari 2009.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY

Suparno, Paul. 2012. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats