PENGARUH METODE EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Tika Karlina Rachmawati

Abstract


Abstract : Basic Mathematics is one of the subjects that must be taken by students of Islamic Education Management Studies Program of first semester in UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Most graduates of students who enter the Islamic Education Management Studies Program is a graduate of SMK or SMA majoring in social studies. Therefore, the researcher applies an escapitory method to teach Basic Mathematics courses in MPI. The purpose of this study is to determine the influence of expository methods in the basic mathematics courses in Islamic education management program. The population in this study is the students of Islamic education management study semester one with the sampling taken with purposive sampling technique so that the sample obtained one class that is class A which amounted to 39 students. The research method used is pseudo experiment. Data collection techniques using pretest and postest. The assumption test includes the data normality test using the Liilefors test. Data analysis using Wilcoxon test. Based on the Wilcoxon test output it is known that Asymp Sig (2-tailed) is worth 0.000. Because the value 0.000 <0.05 then it can be interpreted that there is a difference between the basic mathematics skills test before the students were given the expository method. The result of the research shows that there is influence of expository method in the elementary mathematics course in Islamic education management student.

Keywords: Expository, Pretest, Posttest, Basic Mathematic

 

Abstrak: Matematika Dasar merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam semester satu di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kebanyakan lulusan mahasiswa yang masuk ke Program Studi Manajemen Pendidikan Islam merupakan lulusan SMK atau SMA jurusan IPS. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode eskpositori untuk mengajarkan mata kuliah Matematika Dasar di MPI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode ekspositori pada mata kuliah Matematika Dasar di Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam semester satu dengan pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sampel satu kelas yaitu kelas A yang berjumlah 39 mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperiment semu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan posttest. Uji asumsi meliputi uji normalitas data dengan menggunakan uji Liilefors. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan output uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan antara tes kemampuan matematika dasar mahasiswa sebelum dengan sesudah diberi metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh metode ekspositori pada mata kuliah matematika dasar pada mahasiswa manajemen pendidikan islam.

Kata Kunci: Ekspositori, Pretest, Posttest, Matematika Dasar


Keywords


Ekspositori, Pretest, Posttest, Matematika Dasar

Full Text:

PDF

References


Ardhiansyah, N. (2017). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Ekspositori di Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu”. Thesis. Universitas Bengkulu

Hudoyo, H. (1998). Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Kristanti, S. (2017). “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melaluli Model Pembelajaran Ekspositori Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Siswa Kelas V/A SD Negeri 20 Sabang”, Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Sains, I(1), 37-46.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suniti, N.M. (2015). “Model Ekspositori Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dalam Kompetensi Dasar Memfaktorkan Bentuk Aljabar”, Jurnal Santiaji Pendidikan, 5(2), 97-102.

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Unnes




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats