PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV

Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Abstract : The objectives this research are to (1) plan teaching learning of writing the fairy tale text based on local wisdom to fourth-grade  students of  SDN Kedungputri 02, Ngawi (2) do teaching learning of writing the fairy tale text based on local wisdom  to the fourth-grade students of  SDN Kedungputri 02, Ngawi (3) evaluate teaching learning of writing the fairy tale text based on local wisdom to the fourth grade students of  SDN Kedungputri 02, Ngawi. The subject of this research was the fourth-grade students and classroom teacher of the fourth-grade in SDN Kedungputri 02, Ngawi. The object of this research was teaching learning of writing the fairy tale text based on local wisdom. This study was using descriptive qualitative study . The aim was to obtain a clear, objective, and systematic image about the facts. The results showed that teacher have three stages, they are the plan of the learning, the teaching learning, and evaluation of the learning. In the plan of teaching learning, the teacher made complete lesson plan (RPP) based on components of RPP on the 2013- curciculum. In teaching learning, teacher  and students  do activities. There are three teacher activities in learning: the introduction, the core, and the cover. Teachers assess students in attitude assessment through observation techniques, knowledge assessment through oral and written tests, while fairy tale skills assessment through practice tests.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks  cerita dongeng berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IV di SDN Kedungputri 02, Ngawi  (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita dongeng berbasis kearifan lokal  siswa kelas IV di SDN Kedungputri 02, Ngawi ,  (3)  evaluasi pembelajaran menulis teks cerita dongeng berbasis kearifan lokal pada siswakelas IV di SDN Kedungputri 02, Ngawi.  Siswa kelas IV dan guru kelas kelas IV SDN Kedungputri 02, Ngawi merupkan subjek penelitian. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis  teks cerita dongeng berbasis kearifan lokal.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mendapatkan pendeskripsian yang jelas, objektif, dan sistematis tentag fakta-fakta yang ada selama penelitian. Hasil penelitian ini yaitu  guru  melaksanakan tiga tahapan, yang dimulai dengan  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan, guru membuat  RPP K-13 lengkap berdasarkan komponen-komponennya. Pada tahap  pelaksanaan, guru dan siswa melakukan suatu aktivitas. yang dilakukan oleh guru dan siswa. Ada tiga aktivitas  guru dalam pembelajaran: pendahuluan, inti, dan adanya penutup. Guru menilai siswa dalam penilaian sikap melalui teknik pengamatan, penilaian pengetahuan melalui tes lisan dan tulis, sedangkan penilaian  keterampilan dongeng melalui  tes praktik.

 


Keywords


Keterampilan menulis, teks cerita dongeng, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Akhadiah, dkk. (1996). Menulis. Bandung: Dikbud.

Bower, G. H. & Hilgard, E. R. (1981). Theories of Learning. Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall.

Fajarini, Ulfah. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika. Vol 1 no 2.

Jabrohim. (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hinindita Graham Widya.

Kurinasih, Imas dan Berlin Sari. (2014). Impelmentasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya. Kata Pena.

Muslich, Mansur. (2008). KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Rahyono. F.X. (2009). Kearifan budaya dalam kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Suastra, I.W. (2005). “Mengembangkan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran” Jurnal Pendidikan, Volume 38, (3).

Sugeng. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII SMP dan MTs. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharma, (2006). Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Kelas VII. Bogor : Yudhistira

Sumayana, Yena. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar. Vol 4 (1) 2017.

Yunus, Risaid. (2014). Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Genius) sebagai Penguat Karakter Bangsa: Studi Empiris Tentang Huyula. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats