Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Corona

Authors

  • Lathifah Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Lupita Sari Pitra Wardani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1068

Keywords:

variasi tugas, aktivitas pembelajaran, corona, pembelajaran daring

Abstract

Abstrak: This research aims (1) to identify task variations in elementary school during the corona pandemic; and (2) to identify learning activities in elementary school during the corona pandemic. This research approach is descriptive qualitative. The data of this research are the the forms of task and learning activities during the corona pandemic. The data source comes from elementary school teachers in the Boyolali area. Data collection in this research uses a questionnaire in the form of Google Forms. The data analysis in this research uses an interactive method. The results showed (1) the task variations in elementary school during the corona pandemic in the form of portfolios, practice, and exercise. Applications or media that are mostly used by elementary school teachers in giving assignments during the corona pandemic namely Whatsapp; and (2) the learning activities in elementary school during the corona pandemic is the provision of instructional videos from YouTube, questions and answers discussion through Whatsapp, and working on exercises.

 

Keywords: task variations, learning activities, corona, online learning

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi variasi tugas di Sekolah Dasar pada masa pandemi corona; dan (2) mengidentifikasi aktivitas pembelajaran di Sekolah Dasar pada masa pandemi corona. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah bentuk-bentuk tugas dan aktivitas pembelajaran pada masa pandemi corona. Sumber data berasal dari guru-guru SD di wilayah Boyolali. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk Google Forms. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) variasi tugas di Sekolah Dasar pada masa pandemi corona berupa portofolio, praktik, dan soal latihan. Adapun aplikasi atau media yang banyak digunakan guru SD dalam memberikan tugas pada masa pandemi corona yaitu Whatsapp; dan (2) aktivitas pembelajaran di Sekolah Dasar pada masa pandemi corona ialah pemberian video pembelajaran dari Youtube, diskusi tanya jawab melalui aplikasi Whatsapp, dan mengerjakan soal latihan.

 

Kata kunci: variasi tugas, aktivitas pembelajaran, corona, pembelajaran daring

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Endriani, N., & Syukur, Y. (2015). Kesiapan Siswa dalam MenyelesaikanTugas Sekolah. Konselor, 4(4), 185–190. https://doi.org/10.24036/02015436465-0-00

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-23

How to Cite

Hidayah, L. N., Rahmawati, L. E., & Wardani, L. S. P. (2021). Variasi Tugas dan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Corona. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 93–98. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1068

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.