MENGENAL ARITMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Memahami aritmatika sangat penting bagi siswa sekolah dasar sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengenalkan aritmatika dalam pembelajaran pada siswa sekola dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari jurnal, artikel, maupun buku yang telah dipublikasikan secara nasional. Teknik simak, catat, dan libat merupakan teknik pengumpulan data pada penilitian ini. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik validasi data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa dalam mengenali aritmatika dalam pembelajaran matematika sekolah dasar dapat menggunakan beberapa metode 1) Konkret (Manipulatif), 2) Representatif (Pictorial), 3) Simbolik (Abstrak), 4) Interaktif, dan 5) Kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini adala terdapat beberapa metode bagi seseorang siswa untuk memahami aritmatika dalam pembelajaran sekolah dasar.
Kata kunci: 1 Matematika, aritmatika, sekolah dasar
Abstract: Understanding arithmetic is very important for elementary school students from an early age. The purpose of this research is the author wants to introduce arithmetic in learning to elementary school students. The method in this research uses the Systematic Literature Review (SLR) method. This research uses secondary data sourced from journals, articles, and books that have been published nationally. Listening, noting, and engaging techniques are the data collection techniques in this research. This research uses source triangulation as a data validation technique. The results of this study explain that in recognizing arithmetic in elementary school mathematics learning can use several methods 1) Concreteness (Manipulative), 2) Representative (Pictorial), 3) Symbolic (Abstract), 4) Interactive, and 5) Contextual. The conclusion of this research is that there are several methods for a student to understand arithmetic in elementary school learning.
Keywords—Mathematics, arithmetic, elementary school
References
Amir, Z. (2016). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender, 12(1), 14 - 29. https://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Hasan, A., Devianti, A. I., & Nulhakim, L. (2022). Analisis organisasi kurikulum dan struktur kurikulum sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9242-9247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9840.
Hidayat, A. (2019). Implementasi model pembelajaran realistic mathematics education sebagai manifestasi tujuan pembelajaran matematika sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 698-705. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/100
Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2). https://article.php(kemdikbud.go.id)
Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/1112/881.
Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebeb tingginya angka anak putus sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470.
Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 10(5), 1-10. https://jurnalpendidikandasar.
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339
Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi pendidikan karakter mandiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25-33. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/download/3250/2264.
Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum pendidikan agama Islam. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 2(2), 42-54. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93.
Oktavia, Y. (2020). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808-815. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3828.
Pratiwi, A. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada materi aritmatika
sosial kelas VII SMP NEGERI 1 MATAN HILIR UTARA. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(1), 236-246. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i4.105
Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah
manajemen keuangan mahasiswa universitas muhammadiyah metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2(4), 1-7. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316.
Siagian, D. P. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. Prosiding Senatama, 1(1), 20-27. https://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/10
Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan sains, 2(2), 180-191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890
Unaenah, E., Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 1(3), 106-107.
https://www.neliti.com/publications/278124/analisis-pemahaman-konsep-matematis-siswa-kelas-5-sekolah-dasar-pada-materi-peca
Wahyuni, S., Hariandi, A., Alirmansyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan pemahaman
konsep peserta didik pada muatan Iipa ekosistem kelas v sekolah dasar menggunakan video interaktif. Jurnal On Education, 2(5), 5152-5172. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1254
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i2.4977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)
Published by IKIP PGRI Bojonegoro
Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.