PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X IPS SMAN 1 DANDER

Siti Khusnul Kotimah, Dwi Erna Novianti, Ari Indriani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis discovery learning pada materi fungsi kuadrat yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Namun pada penelitian ini dimodifikasi hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Dander tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa (pre-test dan post test). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dengan total skor rata-rata dari kedua validator adalah 3,15. Kemudian skor ratarata total angket respon siswa sebesar 3,35 menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Sedangkan Berdasarkan tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS, maka nilai ?ℎ????? sebesar -5,5741 sedangkan nilai ?????? sebesar -1,6991. Berarti bahwa nilai ?ℎ????? lebih kecil dari ?????? (-5,5741 < - 1,6991). Sehingga ?0 diterima dan ?? ditolak. Setelah menggunakan LKS hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa LKS matematika yang dikembangkan terbukti efektif. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS); Pengembangan; Discovery Learning Abstract: This study aims to describe the development of student worksheets (LKS) based on discovery learning mathematics on valid, practical and effective quadratic function materials. This type of research is research and development (Research & Development). The development model in this study is a 4-D model developed by Thiagarajan which consists of 4 stages, namely Define, Design, Develop, Disseminate. However, in this study, it was modified only to the development stage (Develop). The subjects in this study were students of class X IPS 1 of SMAN 1 Dander for the academic year 2021/2022, totaling 30 children. Data collection techniques used in this study were validation sheets, student response questionnaires and student learning outcomes tests (pre-test and post-test). The results of this study indicate that the Student Worksheet developed is included in the valid criteria with the total average score of the two validators is 3.15. Then the average score of the total student response questionnaire was 3.35 indicating that the Student Worksheet developed was included in the practical category. Meanwhile, based on the test of student learning outcomes before and after using the student worksheet, the value of t_count is -5.5741 while the value of t_table is -1.6991. It means that the value of t_count is smaller than t_table (-5.5741 < -1.6991). So ?0 is accepted and ?? is rejected. After using student worksheets, student learning outcomes increase. Thus, it can be concluded that the mathematical worksheets developed have proven to be effective. Keywords: Student Worksheet , Development, Discovery Learning


Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafii. (2020). Analisis kemampua pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkalan Barat dalam penyelesaian soal cerita. Skripsi. Makasar: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322

EFRIYONO, T., Jannah, S. R., & Zulyanty, M. (2019). Deskripsi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Madrasah TSanawiyah Negri 3 Talang Bakung Kota Jambi. I (Doctoral dissertation, UIN SULTHAN THAHA SAIPUDDIN JAMBI).

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Nur, R. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Pembelajaran Matematika Di Mts Swasta Aisyiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rusdianti dw. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peerta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IV SD Negeri Karang Rejo Sugkai Selatan Lampung Utara. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden INTANLampung.

Sari, R. H. N. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Wahyu, D. P. (2016). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v4i1.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS)

Published by IKIP PGRI Bojonegoro

 Journal of Technology, Mathematics and Social Science (J'THOMS) by https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

btn4d

ada777

cukongbet