Variasi Bahasa Content Creator Nessie Judge di Youtube

Ashilah Nurzakiyah

Abstract


abstrak— Artikel ini mendeskripsikan berbagai variasi dan ragam ba-hasa yang digunakan content creator di Indonesia. Penggunaan variasi ba-hasa ini membuat video para content creator terkenal di platform Youtube hingga menjadi trending dunia karena popularnya Youtube di kalangan anak muda saat ini sebagai salah satu media online bermanfaat. Para crea-tor content menarik penonton dengan isi konten menarik maupun gaya penyampaian dan bahasa yang digunakan terutama content creator yang telah memiliki banyak pengikut. Variasi bahasa yang digunakan termasuk sebagai kesalahan berbahasa dan bahkan memunculkan kata baru yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berupa analisis data dengan me-nyimak berbagai video dari kanal Youtube salah satu kreator konten Indo-nesia, Nessie Judge. Kemudian penelitian dianalisis secara deskriptif-kualitatif berdasarkan kajian sosiolinguistik. Hasil penelitian terkait ban-yaknya penggunaan bahasa nonbaku dan bahasa unik yang digunakan Nessie dalam videonya, meliputi alih kode, campur kode, interferensi, dan slang/jargon. Penggunaan ragam bahasa oleh content creator sangat berpengaruh bagi masyarakat, terutama bagi pengguna Youtube karena keunikan bahasa tersebut akan digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini dapat menambah pengetahuan penulis dan pembaca pada pengembangan dalam kajian sosiolinguistik, serta membantu peneliti lain sebagai bentuk perbandingan.
Kata kunci— content creator, variasi bahasa, youtube

Abstract— This article describes the various variations and varieties of language used by content creators in Indonesia. The use of these lan-guage variations makes the videos of famous content creators on the YouTube platform trending worldwide because of YouTube's popularity among young people today as a useful online media. Content creators at-tract audiences with interesting content as well as the delivery style and language used, especially content creators who already have many fol-lowers. Variations in the language used include language errors and even give rise to new words that do not comply with Indonesian lan-guage rules. The research uses a qualitative approach in the form of data analysis by watching various videos from the YouTube channel of one of Indonesian content creators, Nessie Judge. Then the research was ana-lyzed descriptively-qualitatively based on sociolinguistic studies. The re-search results relate to the large use of non-standard language and unique language used by Nessie in her videos, including code switching, code mixing, interference, and slang/jargon. The use of various lan-guages by content creators is very influential on society, especially for YouTube users because the unique language will be used by society. This research can increase the knowledge of writers and readers regarding developments in sociolinguistic studies, as well as help other researchers as a form of comparison.
Keywords— content creator, language variation, youtube


Full Text:

PDF

References


Amri, Y. K. (2019). Alih kode dan campur kode pada media sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 149-154). FBS Unimed Press.

Astutik, W., Widyanti, S.E., Widjajanti, A. (2014). Jargon dalam Forum Kaskus dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Penulisan Slogan. Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa, pp. 1-5.

Chairunnisa, S., Afdhaliyah, R.,. (2021). Variasi Bahasa dalam Media sosial Twitter. Ghancaran: Jurnal Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 104-115.

Hayati, R. (2021). Variasi Bahasa dan Kelas Sosial. Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 35(1), 48-54.

Ma'rufah, L. A., Azizah, A., & Chamalah, E. (2024). Campur Kode Ekstern pada Interaksi Tidak Formal Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung di Kumaira Unissula (Kajian Sosiolinguistik). Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 101-111.

Octorina, I. M., Karwinati, D., & Aeni, E. S. (2018). Pengaruh bahasa di media sosial bagi kalangan remaja. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 727-736.

Rafiek, M. (2009). Sosiologi Bahasa.

Savitri, P. W. (2021). Variasi Bahasa Para Content Creator Di Youtube: Kajian Sosiolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra.

Waruwu, T. K. Y., Isninadia, D., Yulianti, H., & Lubis, F. (2023). Alih kode dan campur kode dalam konten podcast Cape Mikir With Jebung di Spotify: Kajian sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 115-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

demo slot pg slot gacor slot gacor