Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan menggunakan Digital Canva pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Surabaya
Abstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Surabaya dengan menggunakan digital Canva yang terintegrasi dengan pendekatan diferensiasi produk. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perkembangan teknologi berupa digital Canva mampu meningkatkan keterampilan menulis teks deksripsi peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai dan hasil penulisan teks deskripsi berdasarkan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I ke siklus II. Pada pembelajaran yang dilakukan di siklus I, nilai terendah 50 dan tertinggi 65 dengan rata-rata peningkatan 18%. Pada pembelajaran yang dilakukan di siklus II, nilai terendah 70 dan tertinggi 90 dengan rata-rata peningkatan 29%. Simpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perkembangan teknologi berupa digital Canva yang terintegrasi dengan diferensiasi produk efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Surabaya.
Kata kunci—Keterampilan menulis, teks deskripsi, digital canva, diferensiasi produk
Abstract— This study aims to improve the descriptive text writing skills of seventh-grade students at SMP Negeri 3 Surabaya by utilizing Canva, a digital tool integrated with a product differentiation approach. This research employs a Classroom Action Research (CAR) method with four stages: planning, action, observation, and reflection. The results show that leveraging digital technology such as Canva can enhance students' skills in writing descriptive texts. This improvement is evidenced by the increase in scores and the quality of descriptive texts produced from Cycle I to Cycle II of the study. In Cycle I, the lowest score was 50, and the highest was 65, with an average increase of 18%. In Cycle II, the lowest score rose to 70, and the highest reached 90, with an average improvement of 29%. The conclusion of this research is that the use of digital tools like Canva, integrated with a product differentiation approach, is effective in enhancing the descriptive text writing skills of seventh-grade students at SMP Negeri 3 Surabaya.
Keywords— Writing skills, descriptive text, digital Canva, product differentiation
Full Text:
PDFReferences
Desi Pristiwanti1. (2011). Program Studi Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Sultan Agung Tirtayasa.
Diena San. (2016). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. STKIP Siliwangi Bandung.
Fanani, M. N. N., Risnawati, R., & ANH, M. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Teks Hikayat Kelas X SMA Nurul Huda Pucuk. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 101-109. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3426.
Fatoni, P., Ferdinand, I., Sajidin, F., Jaja, J., & Kurnia, M. D. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI dan Chat GPT dalam Penulisan Artikel Mahasiswa. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 143-149. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4150.
Karto, S., Susetyo, N., & Maisarah, I. (2019). The differences ability in writing descriptive texts by using chain writing and conventional methods. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 2718.
Keraf, G. (1982). Tata bahasa Indonesia. Ende: Nusa indah.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.
Rosita, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IX. 6 di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Instructional Development Journal (IDJ), 1(15), 50-62.
Simbolon, B. R., Hidayat, H., Hartiningsih, H., Hoerudin, C. W., Imran, I., & Aina, M. (2023). E-Learning: Succeeding amid the pandemic period, forgotten in the Post-Pandemic Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 903-910. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3094.
Sofiya, Darinda Tanjung., dkk. (2024). Penelitian tindakan kelas. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sholihah, M. A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan berpikir siswa SMA (Doctoral dissertation, State University of Malang). Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4786
Refbacks
- There are currently no refbacks.