Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi melalui Perpaduan Strategi Raft dan Model Pembelajaran PjBL Kelas XI-4 SMA Negeri 6 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
abstrak— Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan menulis teks argumentasi pada peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri 6 Surabaya. Sebagian besar dari mereka belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tersebut melalui penerapan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) yang dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Data yang dikumpulkan berasal dari hasil tes menulis teks argumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik, terdiri atas 13 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Pada pra-siklus, rata-rata nilai menulis teks argumentasi peserta didik hanya 68,23 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 11,43%. Setelah pelaksanaan siklus pertama, peningkatan nilai rata-rata menjadi 80,86 dengan ketuntasan klasikal mencapai 77,14%. Pada siklus kedua, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 86,43 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,43%. Hasil dua siklus menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT yang dikombinasikan dengan PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi peserta didik.
Kata kunci— Peningkatan, Menulis, Teks Argumentasi, RAFT, PjBL
Abstract— This study is based on the low ability to write argumentative texts in students in grades XI-4 of SMA Negeri 6 Surabaya. Most of them have not reached the expected competencies. This research aims to improve these abilities through the application of RAFT (Role, Audience, Format, Topic) strategies combined with the Project Based Learning (PjBL) learning model. The data collected came from the results of the argumentative text writing test, with 35 research subjects, consisting of 13 males and 22 females. This research was conducted in the form of classroom action research that lasted for two cycles. In the pre-cycle, the average score of writing argumentative texts of students was only 68.23 with a classical completeness rate of 11.43%. After the implementation of the first cycle, the average score increased to 80.86 with classical completeness reaching 77.14%. In the second cycle, the average score increased again to 86.43 with a classical completion percentage of 91.43%. The results of the two cycles show that the application of the RAFT strategy combined with PjBL is effective in improving students' ability to write argumentative texts.
Keywords—Improvement, Writing, Argumentative Text, RAFT, PjBL
Full Text:
PDFReferences
Antika, E., Effendi, D., & Rukiyah, S. (2023). Keefektifan strategi pembelajaran Raft (Role, Audience, Format, Topic) terhadap pembelajaran menulis teks editorial. Journal on Teacher Education, 4(4), 165-171. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/11985.
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ina, O. V., Hidayat, T., & Agustini, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Pancatengah. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 16-24. https://jurnal.unigal.ac.id/diksatrasia/article/view/11679.
Irawati, T. (2019). The Implementation of Raft (Role-Audience-Format-Topic) To Improve Paragraph Writing in English As a Foreign Language at The Second Semester Students of English Department at STKIP PGRI Jombang. Journal Proceeding, 2(1). https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/776.
Khalimah, K. (2023). Peningkatkan Kemampuan Menyusun Teks Ulasan dengan Menggunakan Strategi Raft (Role, Audience, Format, Topic). Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 2(6), 530-545. https://locus.rivierapublishing.id/index.php/jl/article/view/1286.
Milandari, B. D., Waluyan, R. M., Mus, A. H., Nurmiwati, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru Bahasa Indonesia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Labuapi. JCES (Journal of Character Education Society), 2(2), 85-92. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1722.
Nita, O., & Naini, I. (2022). Keterampilan membaca pemahaman dengan mengkontruksi teks argumentasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 221-236. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/3608.
Nurlisa, N. (2017). RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 235-243).https://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/560/0.
Riadianti, F., Nurhasanah, W., Telaumbanua, F. H., Khadavi, K., & Siregar, M. W. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Siswa Kelas VII-3 SMPN 45 Medan. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 56-66. https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/simpati/article/view/808.
Susmini, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Opini dalam Artikel dengan Media Infografis pada Siswa Kelas XII IPA 2 MAN IC Paser Tahun Pelajaran 2021-2022. Cross-border, 4(2), 857-870. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/2037.
Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam mata kuliah penelitian tindakan kelas. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30-42. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/32084.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i2.4780
Refbacks
- There are currently no refbacks.