Efektivitas Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Editorial Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Parengan Tahun Pelajaran 2023/2024

Rohmawati Rohmawati, Syahrul Udin, Muhammad Sholehhudin

Abstract


abstrak—Strategi yang menarik dalam sebuah pembelajaran akan berimbas positif terhadap pemahaman siswa terhadap suatu materi. Tujuan penelitian ini adalah manganalisis efektivitas strategi saat pembelajaran membaca dan memahami teks editorial siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Parengan Tuban Tahun Pengajaran 2023/2024 dengan menggunakan strategi CIRC atau Cooperatif Integrated Reading and Composition. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode Liliesfors dengan jumlah subjek kelas eksperimen sejumlah 31 siswa kelas XII IPA1 dan kelas kontrol sejumlah 30 siswa kelas XII IPA 3. Penelitian ini memiliki hipotesis yang didasarkan ada atau tidaknya peningkatan dan perubahan kemampuan siswa dalam memahami teks editorial dengan menerapkan strategi CIRC. Hasil penelitian ini memaparkan nilai t hitung yakni 3,5356 lebih tinggi jika dibandingkan nilai t tabel sebesar 2,3044 sehingga H0 ditolak. Di kelas eksperimen, rerata hasil tes siswa mengalami peningkatan dari 65,81 menjadi 83,71 sedangkan di kelas kontrol mengalami peningkatan sebanyak 76,00 menjadi 77,67. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dipahami bahwa penerapan strategi pembelajaran CIRC dinilai efektif serta memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks editorial.

Kata kunci—Kemampuan Memahami Teks Editorial, Strategi CIRC, Siswa Kelas XII IPA

 

Abstract—An interesting strategy in learning will have a positive impact on students' understanding of the material. This research aims to analyze the effectiveness of strategies when learning to read and understand editorial texts for class The data obtained were then analyzed using the Liliesfors method with the number of experimental class subjects being 31 students in class XII IPA1 and the control class being 30 students in class by implementing the CIRC strategy. The results of this research show that the calculated t value is 3.5356 which is higher compared to the t table value of 2.3044 so that H0 is rejected. In the experimental class, the average student test results increased from 65.81 to 83.71, while in the control class, it increased from 76.00 to 77.67. Based on the research results, it can be understood that the application of the CIRC learning strategy is considered effective and has an influence on improving students' reading skills in understanding editorial texts.

Keywords—Ability to Understand Editorial Text, CIRC Strategy, Class XII Science Students


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, H., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model pembelajaran cooperatif Integrated reading composition (circ) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 233. https://www.academia.edu/download/81129155/15595.pdf.

Antika, E., Effendi, D., & Rukiyah, S. (2023). Keefektifan strategi pembelajaran Raft (role, audience, format, topic) terhadap pembelajaran menulis teks editorial. Journal on Teacher Education, 4(4), 165-171. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.11985.

Asnidar, A., & Hasyim, N. (2023). Peningkatan kemampuan merangkum teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) Siswa SMP Aksara Bajeng Kabupaten Gowa. GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(2), 87-99, .https://doi.org/10.59061/guruku.v1i2.265.

Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10836.

Astuti, W., Dewi, S. Y., & Soponyono, W. (2020). Efektifitas model pembelajaran Cooperative learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Bojong. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 169-172). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/406.

Effendi, E., Limbon, M. S. S. M., Matondang, R. F., & Hibriyanti, S. (2022). Artikel dan teks editorial. jurnal edukasi nonformal, 3(2), 311-317. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4934.

Fauzia, S., Karim, K., & Sanawati, S. (2021). Meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi teks menggunakan kombinasi model cooperative integrated reading and composition (circ), numbered heads together (nht), dan (think pair and share tps) siswa kelas V SD. Gawi: Journal of Action Research, 1(1), 14-20. https://doi.org/10.59329/gawi.v1i1.4.

Ilham, I., Munirah, M., & Akhir, M. (2023). Perbandingan metode SQ3R metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Basicedu, 7(2), 1332-1338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.5060.

Indriana, P., & Saputra, A. (2023). Pengembangan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan motivasi reading comprehension mahasiswa Universitas Teknologi Mataram. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4190-4196. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11684.

Khairunnisa, A. D., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Model cooperative integrated reading and compositions dalam pembelajaran membaca pemahaman bermuatan pendidikan karakter. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 960-968). https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/20.

Khansa, A. F. (2019). Teks Editorial sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia kelas XII di SMAN 12 Bandung. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indone-sia, 2(2), 47-70. http://journal.stkipyasika.ac.id/metabahasa/article/view/22.

Kholida, S. I. (2016). Penerapan model kooperatif CIRC disertai metode two stay two stray pada pokok bahasan jagad raya untuk menuntaskan hasil belajar siswa di MA Al Falah Sampang. Wacana Didaktika, 4(2), 133-140.

Kusmayadi, I. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks editorial dengan model kooperatif tipe think-talk-write (TTW). Jurnal Fusion, 1(1), 21-34. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1497.

Mardiana, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA NEGERI 5 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 271-287. http://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/190.

Maulana, M. E. (2019). Penerapan strategi CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo. Laterne, 8(2). https://doi.org/10.26740/lat.v8n2.p%25p.

Nani, N., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 228-239. DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205.

Niak, Y., Mataheru, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Honai Math, 1(2), 67-80. DOI: https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1040.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Co-operative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Ke-mampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34. DOI: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14017.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Com-potion (CIRC). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.

Rohana, R., Pada, A., & Nurfadila, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 1(3), 247-263. https://doi.org/10.35458/gjp.v1i3.628.

Samsumi, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11516.

Samsusi, R., Mahmud, T., & Nasution, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2 (2-12). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/621/280.

Setiawan, T. S. R., Sastromiharjo, A., & Damaianti, V. S. (2019). Pengaruh Pendekatan Whole Language terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA NEGERI 1 Ciampea Bogor. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1077.

Suryana, S., & Ginting, S. U. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen SMA Swasta YPIS Maju Binjai. Serunai: Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 7(2), 169-171. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i2.513.

Taufik, T., Imansyah, M. N., & Yulianti, E. (2021). Efektivitas Penggunaan BukuAjar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 41-45. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.104.

Uluk, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Materi Teks Editorial dengan Model Discovery Learning Berorientasi Hots Melalui Google Classroom. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 96-102. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.427.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v3i1.4380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.